Home Editor's Picks ADD Pemkab Tahun 2023 Naik Menjadi 114 Milyar Rupiah

ADD Pemkab Tahun 2023 Naik Menjadi 114 Milyar Rupiah

by tabalong hari ini
0 comment

Selain menerima transfer dana desa dari Pemerintah Pusat, pendanaan desa juga bersumber dari Pemerintah Kabupaten Tabalong. Pada Tahun 2023 ini, Pemkab Tabalong mengalokasikan dana desa, atau ADD sebesar 114 milyar rupiah.

Alokasi dana desa tersebut disampaikan Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tabalong, Fahrudin, saat ditemui pada 13 Februari 2023 di ruang kerjanya, Kantor DPMD Tabalong.

Fahrudin menyebutkan, ADD Tahun 2023 naik sebesar 28 milyar rupiah, dibandingkan Tahun 2022.

Dari total ADD sebesar 114 milyar rupiah tersebut, sebanyak 60 % disalurkan merata ke 121 desa se-Kabupaten Tabalong. Sedangkan 40 % diantaranya, disalurkan berbeda-beda ke setiap desa.

Dijelaskan Fahrudin, perbedaan ADD tersebut dilihat berdasarkan 4 indikator, yakni luas wilayah, kondisi geografis, jumlah penduduk keseluruhan, dan jumlah penduduk miskin.

Untuk itu, agar ADD ini segera terealisasi dan tidak mengganggu jalannya pemerintahan desa, DPMD Tabalong pun mendorong Pemdes untuk segera mengajukan permohonan pencairan dana desa.

Fahrudin menuturkan, penyaluran ADD dari Pemkab Tabalong ditargetkan tuntas bulan Februari 2023, sama seperti penyaluran dana desa tahap pertama dari pemerintah pusat.

Sekedar diketahui penyaluran dana desa tahap pertama melalui dana pemerintah pusat telah disalurkan sebesar 7 milyar 847 juta rupiah , yang ditujukan 26 desa reguler dan 4 desa mandiri .

You Might Be Interested In
Baca Juga  Husin Soal THR Tenaga Honor: Kebijakan Masing-Masing OPD

Alfi Syahrin, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment