Home DPRD Mustafa Minta Perubahan APBD 2023 Terserap Maksimal

Mustafa Minta Perubahan APBD 2023 Terserap Maksimal

by Muhammad Rais
0 comment

Ketua DPRD Kabupaten Tabalong, Mustafa, meminta agar seluruh SKPD Pemkab Tabalong dapat memaksimalkan kinerja pada Perubahan APBD Tahun 2023. Pasalnya, anggaran pada Perubahan APBD 2023 signifikan bertambah dibandingkan APBD Induk 2023.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Tabalong, Mustafa, saat memimpin rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Tabalong bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Tabalong tentang pembahasan awal Raperda Perubahan APBD Tahun 2023 pada Kamis, 7 September 2023, di ruang rapat Sekretariat DPRD Kabupaten Tabalong.

Pada rapat ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong sekaligus menjabat sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Tabalong, Hamidah Munawarah, memaparkan mengenai estimasi Rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023. Secara umum, untuk pendapatan daerah diproyeksikan meningkat 21,20 persen dibandingkan APBD 2023, atau dari anggaran sebesar 1,7 triliun rupiah bertambah sebesar 2,1 triliun rupiah di Perubahan APBD 2023.

Sedangkan untuk belanja daerah pada Rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023 mengalami kenaikan sebesar 41,88 persen apabila dibandingkan dengan APBD Tahun Anggaran 2023, yaitu dari 1,8 triliun menjadi 2,6 triliun di Perubahan APBD 2023.

Menyikapi hal tersebut, Ketua DPRD Tabalong, Mustafa, berharap agar kenaikan anggaran yang signifikan ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh SKPD Pemkab Tabalong agar bisa melanjutkan program kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya. Terlebih penggunaan anggaran di Perubahan APBD 2023 terbilang cukup singkat.

Baca Juga  Jokowi Sebut tabalong Bakal Jadi Titik Pertumbuhan Ekonomi Baru di Sekitar IKN

“Karena anggaran signifikan naik, jadi kami berharap dengan SKPD dan juga kawan-kawan dari ULP secepatnya bagaimana bisa menyelesaikan misalkan ada tender yang bisa dilaksanakan jadi secepatnya karena waktu kita hanya 3 bulan ya anggaran perubahan ini, sedangkan kenaikannya signifikan. Jadi tadi banyak beberapa kawan menyampaikan tiap SKPD yang mempunyai perencanaan yang sudah secepatnya dikoordinasikan dengan ULP dan bisa ditenderkan harapan kami itulah,” ujar Mustafa, Ketua DPRD Tabalong.

Mustafa berharap agar seluruh SKPD dapat menyerap anggaran Perubahan APBD 2023 dengan maksimal, dapat menekan angka SILPA atau sisa lebih perhitungan anggaran yang di APBD Tahun Anggaran 2023 sebelumnya sebesar 495 milyar.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

*Redaktur: Rais

*Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment