Home Tabalong Hari Ini Pengobatan Tradisional dengan Media Minyak Urut Dayak Ma’anyan di Tabalong

Pengobatan Tradisional dengan Media Minyak Urut Dayak Ma’anyan di Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Keluarga Haji Anang Syakhfiani, bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat Dayak Kulawarga Borneo, menggelar pengobatan tradisional di Tabalong. Kegiatan ini diikuti ratusan masyarakat Tabalong dan sekitarnya.

Kegiatan pengobatan tradisional gratis menggunakan media minyak urut Dayak Ma’anyan digelar pada Rabu, 13 September 2023, di Taman Bahindang Bahindala, komplek Pendopo Bersinar Pembataan. Pengobatan dilakukan untuk berbagai macam penyakit, mulai dari saraf kejepit, lumpuh, hingga penyakit struk.

Kegiatan ini diikuti ratusan masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lansia.

Koordinator pelaksana pengobatan tradisional, Alipansyah, mengatakan bahwa melihat antusiasme yang sangat tinggi serta banyaknya masyarakat yang tidak mendapatkan kuota pengobatan, maka kegiatan pengobatan direncanakan akan berlangsung selama 2 hari.

“Untuk hari ini, kami targetkan ada 500 pasien yang berobat ke sini, dan antusiasme masyarakat sangat tinggi. Jadi, sekitar dibuka 2 jam, sudah habis kuota 500 itu. Jadi pendaftaran jam 8, jam 10 sudah kita tutup. Ini hanya melanjutkan yang sudah terdaftar 500 itu, kelihatannya belum selesai, belum tuntas, kemungkinan akan kita lanjutkan besok lagi,” ujar Alipansyah.

Sementara itu, Ketua Umum LSM Dayak Kulawarga Borneo (DKB), Salam, menyampaikan bahwa umumnya pengobatan tradisional menggunakan media minyak Dayak Ma’anyan memiliki reaksi yang berbeda-beda di setiap pasien. Ada yang dapat langsung sembuh seketika saat pengobatan, dan ada yang memerlukan jeda beberapa waktu untuk sembuh.

Baca Juga  Langsir BBM, Warung Milik Warga Desa Kapar Terbakar

Salam pun menegaskan bahwa pengobatan tradisional ini merupakan bentuk ikhtiar, sehingga harus diiringi dengan semangat dan kemauan sembuh yang tinggi oleh para pasien.

“Jadi kita ini perantara, selain ikhtiar ada urutnya, ada minyaknya, dan kunci utamanya itu adalah semangat dari orangnya, semangat untuk sembuh, karena masalah kesembuhan itu berangkat dari diri kita juga,” kata Salam.

Selain diurut langsung, setiap pasien juga mendapatkan 1 botol minyak urut secara gratis, yang mana minyak ini dapat digunakan untuk perawatan lanjutan secara mandiri di rumah.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment