Home Editor's Picks Forum Lintas Perangkat Daerah Penyusunan RKPD Tahun 2024

Forum Lintas Perangkat Daerah Penyusunan RKPD Tahun 2024

by tabalong hari ini
0 comment

Bappeda Litbang Kabupaten Tabalong gelar forum lintas perangkat daerah dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah Kabupaten Tabalong tahun 2024. Forum ini merupakan tahap lanjutan dari musrenbang tingkat kecamatan yang telah dilaksanakan bulan lalu.

Forum lintas perangkat daerah yang digelar pada Senin, 13 Maret 2023 di gedung informasi Tanjung diikuti oleh asisten, staf ahli, dan kepala perangkat daerah beserta pejabat perencanaan atau keuangan lingkup Pemkab Tabalong.

Forum ini digelar sebagai bagian dari tahapan penyusunan rencana kerja perangkat daerah Kabupaten Tabalong tahun 2024, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017.

Forum lintas perangkat daerah ini bertujuan untuk menyelaraskan program dan kegiatan SKPD dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang RKPD di kecamatan, pokok-pokok pikiran DPRD, RPJMD atau Renstra pemerintah pusat dan provinsi dalam penyempurnaan rancangan renja SKPD.

Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Tabalong, Noor Rifani, menjelaskan pada musrenbang tingkat kecamatan telah terhimpun total sebanyak 2.553 usulan, dan 1.453 usulan di antaranya akan diteruskan kepada SKPD terkait. Sedangkan hasil dari pokok-pokok pikiran DPRD Tabalong berhasil dihimpun sebanyak 325 usulan, yang mana 264 usulan diteruskan ke mitra Bappeda Litbang.

Rifani berharap kepada seluruh kepala perangkat daerah untuk menjalankan program dan kegiatan mereka di tahun 2024, menyesuaikan pendanaan berdasarkan pagu indikatif dimasing-masing SKPD.

Baca Juga  Polres Tabalong Ungkap Ratusan Kasus Sepanjang Tahun 2023

“Dengan keterbatasan fiskal, kepala SKPD harus visioner, manajemennya luar biasa harus berpikir manajemen yang luar biasa, karena dengan keterbatasan fiskal ditambah dengan indikator yang harus dicapai ini harus orang yang mempunyai bagaimana dia memimpin dalam mengatur ritme agar tujuan tercapai dengan dana yang terbatas,” kata M. Noor Rifani, Kepala Bappeda Litbang Tabalong.

Adapun tema pembangunan Kabupaten Tabalong tahun 2024, yaitu penguatan daya saing daerah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, dan Kabupaten Tabalong memiliki lima prioritas daerah, yaitu seperti percepatan dan pemerataan pertumbuhan ekonomi melalui sektor-sektor potensial dan produktif, pendidikan dan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau untuk mendukung terwujudnya SDM yang berdaya saing, kualitas dan kuantitas infrastruktur sebagai serambi depan IKN, kualitas pengelolaan pemerintahan dan pelayanan publik yang prima, dan peningkatan kualitas lingkungan hidup.

Nova Arianti, TV Tabalong.

Related Articles

Leave a Comment