Home Tabalong Hari Ini Bupati Anang Paparkan Strategi Pengendalian DBD Tabalong di Kancah Nasional

Bupati Anang Paparkan Strategi Pengendalian DBD Tabalong di Kancah Nasional

by Muhammad Rais
0 comment

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani menjadi narasumber dalam diskusi publik mengenai peran masyarakat dalam perlindungan keluarga terhadap ancaman dengue (DBD). Pada kegiatan tersebut, Anang menyampaikan sejumlah upaya untuk mencegah dan mengendalikan kasus DBD di Tabalong.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dipercaya oleh Farid Nila Moeloek Society untuk menjadi salah seorang narasumber pada seminar yang diselenggarakan pada Rabu, 17 Januari 2024, di Hotel Manhattan Jakarta.

Pada seminar ini, Bupati Anang membahas peluang dan tantangan pemberdayaan masyarakat dalam penggerakan dan pencegahan DBD.

Dalam paparannya, Bupati Anang menyampaikan mengenai langkah strategis Kabupaten Tabalong dalam mencegah dan mengendalikan kasus DBD, sehingga Tabalong bisa meraih predikat kasus DBD terendah di Kalsel melalui peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan DBD.

Selain itu, Bupati Anang menyampaikan bahwa pengendalian dan pencegahan DBD tidak bisa hanya dilakukan sendiri, namun harus melibatkan banyak pihak, seperti dewan, OPD, camat, lurah, kepala desa, hingga dunia usaha serta organisasi sosial kemasyarakatan.

Upaya pencegahan pun dilakukan Pemerintah Daerah Tabalong dengan melakukan berbagai inovasi dari sejumlah SKPD di Kabupaten Tabalong, seperti Dinas Kesehatan Tabalong, Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, Disperkim Tabalong, serta DPMD Tabalong.

Dari berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Pemkab Tabalong, maka terbukti kasus DBD di Kabupaten Tabalong terus mengalami penurunan.

Dimana pada tahun 2015 dan 2016, kasus DBD di Tabalong tertinggi se-Kalsel, tahun 2017 urutan ke-3 tertinggi se-Kalsel, tahun 2018-2019 urutan ke-8 se-Kalsel, tahun 2020-2021 urutan ke-11 se-Kalsel, dan tahun 2022-2023 berada di urutan ke-13 atau terendah se-Kalimantan Selatan.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment