Home Tabalong Hari Ini Penghimpunan Zakat Fitrah di Masjid YAMP Didominasi Beras

Penghimpunan Zakat Fitrah di Masjid YAMP Didominasi Beras

by Muhammad Rais
0 comment

Sama seperti tahun sebelumnya, Masjid YAMP Wardatus Sholihin Pembataan kembali membuka layanan Zakat Fitrah. Penghimpunan Zakat Fitrah ini sudah dilakukan sejak 1 April 2024.

Berlokasi di Masjid YAMP Wardatus Sholihin Kelurahan Pembataan, Panitia Amil Zakat membuka layanan Zakat Fitrah. Zakat Fitrah ini dihimpun dari 18 RT yang ada di Kelurahan Pembataan.

Ketua Masjid YAMP Wardatus Sholihin, Haji Sugiansyah, saat ditemui belum lama tadi mengatakan bahwa dari hasil pengumpulan Zakat Fitrah tahun ini mengalami penurunan, terutama pada zakat jenis uang. Hal ini menurut Sugiansyah disebabkan sebagian besar masyarakat sudah pulang kampung lebih awal karena libur yang cukup panjang.

“Adapun perkembangan penerimaan Zakat Fitrah tahun ini ada perbedaan dari tahun sebelumnya, yaitu berkurang, karena mungkin adanya libur panjang, maka masyarakat yang ingin membayar Zakat Fitrah mereka pulang ke kampung sebelum berfitrah di masjid kita ini. Biasanya kalau liburnya pendek, mereka berfitrah di masjid kita setelah itu baru pulang ke kampung halaman masing-masing. Jadi itu sejenis kendala atau kekurangan pendapatan Zakat Fitrah tahun ini di Masjid YAMP Wardatus Sholihin Pembataan,” ujar Sugiansyah, Ketua Masjid YAMP Wardatus Sholihin Pembataan.

Pengumpulan Zakat Fitrah ini dilakukan hingga Selasa malam setelah shalat Isya. Adapun penyalurannya akan dilakukan sekitar pukul 10 malam oleh masing-masing Ketua RT yang akan dibagikan langsung di area masjid.

Baca Juga  Komisi III DPRD Tabalong Upayakan MTS As-Sa'adah Terima Hibah Tanah

Dari 18 RT, Zakat Fitrah akan disalurkan di 8 RT, dengan total 200 jiwa fakir miskin, fi sabiillah, dan amil yang ada di Kelurahan Pembataan. Adapun masing-masing penerima akan mendapatkan 2,7 kilogram atau 3,5 liter beras dan uang senilai 100 hingga 150 ribu.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment