Home Tabalong Hari Ini DLH Tabalong Imbau Seluruh Sekolah Siapkan Diri Ikuti Sekolah Adiwiyata Tahun 2024

DLH Tabalong Imbau Seluruh Sekolah Siapkan Diri Ikuti Sekolah Adiwiyata Tahun 2024

by Muhammad Rais
0 comment

DLH Tabalong mengimbau kepada sekolah-sekolah di Kabupaten Tabalong agar mempersiapkan diri untuk mengikuti penilaian Program Sekolah Adiwiyata tahun 2024. Pasalnya, Sekolah Adiwiyata dinilai penting untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat, bersih, dan indah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, Slamet Riyadi, sebelum rapat koordinasi bulanan Pemerintah Kabupaten Tabalong pada Rabu, 10 Januari 2023, di Balai Rakyat Dandung Suchrowardi, Kawasan Pendopo Bersinar Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Slamet menjelaskan bahwa DLH Tabalong sebagai pembimbing Sekolah Adiwiyata melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan jumlah Sekolah Adiwiyata di Kabupaten Tabalong. Upaya-upaya yang dilakukan meliputi sosialisasi dan bimbingan teknis terkait Program Sekolah Adiwiyata, pembinaan kepada sekolah-sekolah agar memiliki program kebersihan lingkungan, dan penanaman pohon peneduh.

DLH Tabalong juga mewajibkan sekolah-sekolah untuk mengelola sampah secara terpilah. Sampah yang sudah terpilah akan diolah dan dimanfaatkan agar lebih berguna, sehingga tidak terbuang sia-sia.

“Pesan kami kepada bapak pimpinan kepala sekolah masing-masing yang mengajukan Adiwiyata di tahun 2024 ini agar membenahi lingkungannya, dan program kegiatannya betul-betul peduli terhadap lingkungan. Terkait dengan penanganan sampah itu agar pengelolaan sampah terpilah, kemudian pemanfaatan sampah juga bisa digunakan untuk kompos.” ujar Slamet Riyadi, Kepala DLH Tabalong.

Sekolah Adiwiyata merupakan program rutin tahunan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Penilaian Sekolah Adiwiyata dilakukan pada akhir tahun, oleh karena itu DLH Tabalong akan melakukan pembinaan sepanjang tahun 2024.

Baca Juga  Subuh Pertama Ramadan, Kebakaran Landa 7 Rumah di Tangki Hijau

Sebagai informasi tambahan, sebanyak 11 sekolah di Kabupaten Tabalong memperoleh penghargaan Sekolah Adiwiyata pada tahun 2023 lalu. 11 sekolah tersebut terdiri dari 6 Sekolah Adiwiyata tingkat nasional, yakni SMPN 4 Tanjung, SMPN 2 Muara Uya, MTSN 4 Tabalong, MTS Ar Raudlah Tanta, SMAN 1 Tanjung, dan SDN Maburai.

Selain itu, 1 Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi, yakni SMAN 1 Bintang Ara, serta 4 Sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten, yakni SMPN 5 Tanta, SMPN 2 Tanta, SMPN 3 Haruai, dan SMPN 3 Murung Pudak.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment