Warga Hikun Gotong Royong Bersihkan Saluran Drainase

by tabalong hari ini
0 comment

Ketua RT Delapan Kelurahan Hikun, bersama puluhan warganya bergotong royong membersihkan aliran drainase Jalan Belly Kelurahan Hikun Kecamatan Tanjung, pada 3 September 2022.

Pembersihan dilakukan dengan menggunakan peralatan sederhana, mulai dari cangkul, sekop, garpu sampah, dan lain sebagainya.

Pembersihan drainase dilakukan kurang lebih 300 meter, disepanjang Jalan Belly. Warga RT.8 Kelurahan Hikun Muhammad Jumadi mengatakan, pembersihan kali ini merupakan kegiatan kedua yang dilakukan warga untuk membersihkan aliran drainase dan gorong-gorong drainase yang tersumbat. Ia mengatakan tersumbatnya drainase membuat air meluap ke jalan saat terjadi hujan lebat, sehingga perlu dilakukan pembersihan maksimal.

“Kita harapkan agar bisa instansi pemerintah yang mengurusi bidang drainase bisa memperhatikan lagi masalahnya kalau parit penuh airnya melimpah ke jalan, jalannya akan rusak, jadi kita mohon kepada pemerintah terkait yang membidangi bidangnya ini bisa memperbaiki atau membaiki saluran air ini,” harap Jumadi.

Jumadi menambahkan air parit memang seringkali melimpah ke jalan raya saat terjadi hujan. Selain karna penyumbatan, hal ini juga terjadi lantaran saluran pembuangan menuju sungai Tabalong terlalu tinggi, sehingga aliran air tak mengalir.

Gazali Rahman, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment