Home DPRD Perubahan BAPPEDALITBANG dan Kelas BPBD Masuk Usulan Perubahan Raperda

Perubahan BAPPEDALITBANG dan Kelas BPBD Masuk Usulan Perubahan Raperda

by Muhammad Rais
0 comment

Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BAPEMPERDA) DPRD Tabalong bersama Pemerintah Kabupaten melaksanakan Rapat Kerja Perubahan Pembentukan Peraturan Daerah tahun 2023, yang termasuk dalam Anggaran Perubahan APBD 2023.

Dalam rapat yang digelar pada Jumat, 8 September 2023, di Ruang Rapat Sekretariat DPRD Tabalong, disepakati Propemperda tahun 2023 yang sebelumnya berjumlah 16 Peraturan Daerah (Perda), ditambahkan 2 Raperda.

Penambahan Raperda tersebut tertuang dalam surat Bupati Tabalong tanggal 9 Agustus 2023.

Kedua usulan Raperda tersebut adalah perubahan kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Tabalong Nomor 5 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, serta perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Tabalong Nomor 6 tahun 2019 tentang Kabupaten Layak Anak.

Ketua BAPEMPERDA DPRD Tabalong Akhmad Helmi, mengungkapkan dari kedua usulan Raperda ini, Raperda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah menjadi penekanan. Pasalnya, dalam Raperda ini nantinya akan merubah tipologi BPBD Tabalong, yang semula tipe B, naik menjadi tipe A.

“Dengan adanya perubahan ini, berharap bahwa akan bisa maksimal lagi, terutama untuk BPBD yang semula tipe B menjadi tipe A, sehingga memudahkan untuk koordinasi dengan lintas dari SKPD lainnya. Dengan adanya peningkatan dari tipe B ke tipe A, artinya pimpinan dari SKPD BPBD yang semula eselon 3 menjadi eselon 2, sehingga untuk koordinasi lintas SKPD bisa berjalan dengan lancar,” ujar Akhmad Helmi, Ketua BAPEMPERDA DPRD Tabalong.

Baca Juga  Diskopukmperindag Tabalong Dorong Pelaku Usaha Miliki Sertifikasi Halal

Akhmad Helmi menambahkan bahwa selain perubahan tipologi BPBD, dalam Raperda ini juga akan merubah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (BAPPEDALITBANG) Tabalong menjadi Badan Pengembangan, Riset, dan Inovasi Daerah.

Dengan ditambahkannya 2 Raperda ini, maka disepakati ada 18 Raperda yang masuk ke BAPEMPERDA di tahun 2023, dengan 16 Perda inisiatif Pemerintah Daerah dan 2 usulan DPRD Tabalong.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment