Home Tabalong Hari Ini Ruwatan Jadi Cara Warga Masingai 2 Ungkapkan Syukur dan Tolak Bala

Ruwatan Jadi Cara Warga Masingai 2 Ungkapkan Syukur dan Tolak Bala

by Muhammad Rais
0 comment

Ruwatan atau bersih desa kembali digelar pemerintah Desa Masingai 2 Kecamatan Upau pada Jumat 29 Desember 2023. Kegiatan ruwatan diisi dengan pagelaran wayang kulit yang mengangkat lakon semar sedekah bumi.

Kegiatan ruwatan atau bersih desa yang rutin digelar masyarakat Masingai 2 setiap tahun ini mengusung tema lestarikan adat dan budaya untuk meningkatkan rasa syukur serta mempererat tali silaturrahmi menuju Masingai 2 maju dengan berakhlak dan berbudaya.

Ruwatan diawali dengan shalat hajat di masjid al mujahidin desa Masingai 2.

Kemudian dilanjutkan dengan hiburan pagelaran wayang di balai kesenian Desa Masingai 2.

Wayang ini mengangkat lakon semar sedekah bumi yang dibawakan oleh Ki Suhardi Hadi Wijaya sebagai dalang hiburan dan Ki Abdul Majid sebagai dalang ruwat.

Kepala Desa Masingai 2, Tatak Adi Rahmanto, mengatakan dibawakannya lakon semar sedekah bumi merupakan perwujudan atas rasa syukur masyarakat dengan melakukan sedekah kepada bumi dengan harapan bumi juga memberikan keberkahan kepada masyarakat sekitar.

“Tujuannya selain untuk meningkatkan rasa syukur kita atas nikmat yang diberikan oleh tuhan yang maha esa, kita juga untuk mempererat tali silaturrahmi antar warga, terutama untuk menjaga kerukunan antar warga, sehingga juga gotong royong juga terlibat sebelum kegiatan dilaksanakan dan juga sesudahnya, sehingga tali silaturrahmi menjadi semakin erat.” ujar Tatak Adi Rahmanto, Kepala Desa Masingai II.

Baca Juga  Apel Pengamanan Idul Fitri, Kapolres Ingatkan Soal Ancaman Kejahatan "3C"

Selain diisi dengan pagelaran wayang, dalam ruwatan ini juga diisi tausiyah agama yang dibawakan oleh Ustadz Lutfi dari Masingai 2 yang menyampaikan tentang pentingnya menjaga kerukunan antar sesama masyarakat.

Kegiatan ini turut dihadiri camat upau beserta unsur Forkopimca, anggota DPRD Tabalong wilayah utara, beberapa kepala desa di kecamatan upau, serta sejumlah tokoh agama dan masyarakat yang ada di Masingai 2.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment