Home Keagamaan Malam Natal Gereja Katolik Paroki Ave Maria Tanjung Berbalut Nuansa Jawa

Malam Natal Gereja Katolik Paroki Ave Maria Tanjung Berbalut Nuansa Jawa

by Muhammad Rais
0 comment

Jamaat Gereja Katolik Paroki Ave Maria Tanjung melaksanakan misa malam natal pada minggu 24 desember 2023. Misa malam natal tahun ini berbaluat nuansa Jawa kental.

Beragam rangkaian kegiatan misa malam natal Gereja Katolik Paroki Ave Maria Tanjung dilaksanakan dengan nuansa Jawa.

Mulai dari sambutan bahasa Jawa, pemasangan bleketepe, perarakan tarian untuk mengawali misa dilanjut pembukaan gunungan.

Maklumat kelahiran Yesus Kristus, pengarakan bayi Yesus diiringi lagu malam kudus dan dilanjutkan dengan doa di depan kandang bayi Yesus.

Liturgi sabda (pembacaan kitab suci), homily atau kotbah, perarakan persembahan berbentuk gunungan sayuran dengan diiringi tarian, liturgi ekaristi, penerimaan komuni (tubuh kristus) dan penutup.

Ketua panitia pelaksana natal Gereja Katolik Paroki Ave Maria Tanjung Yuni Santoso menuturkan misa bernuansa Jawa dilaksanakan untuk mewujudkan perdamaian dan hidup guyub berdampingan antar suku jamaat kristiani di Tabalong. Persiapan misa natal bernuansa Jawa dipersiapakan kurang lebih dua minggu, dengan melibatkan beberapa jamaat Gereja Katolik Paroki Ave Maria Tanjung.

“untuk acara malam natal untuk tahun ini kita kita mengamil adat Jawa sehubungan dengan berbagai macam kebenekaan tunggal ika jadi kita di tanjung ini banyak sekali warga-warga juga dari Jawa dari flores dari sumatra jadi kebetulan tahun ini kita mengambil tema untuk adat Jawa”

Yuni Santoso menambahkan, tema natal ini dilaksanakan berbeda-beda setiap tahunnya, dengan tujuan merangkul beragam suku jamaat Gereja Katolik Paroki Ave Maria Tanjung agar guyub rukun bersama berdampingan.

Gazali Rahman, TV Tabalong, melaporkan.

Related Articles

Leave a Comment