Home Tabalong Hari Ini Perpanjangan SIM di Polres Tabalong Meningkat Usai Libur Lebaran

Perpanjangan SIM di Polres Tabalong Meningkat Usai Libur Lebaran

by Muhammad Rais
0 comment

Pasca libur Lebaran, layanan pembuatan dan perpanjangan SIM di Polres Tabalong meningkat. Meningkatnya pelayanan tersebut disebabkan adanya dispensasi bagi pemilik SIM yang masa berlakunya habis saat libur Lebaran.

Beginilah suasana Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu atau SPKT Polres Tabalong saat terpantau pada Selasa, 16 April 2024.

Di hari pertama masuk kerja pasca libur Lebaran ini, pelayanan didominasi oleh masyarakat yang mengajukan permohonan perpanjangan SIM.

Ini menyusul adanya kebijakan dispensasi bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis pada tanggal 8 sampai dengan 15 April 2024, yang mana pemegang SIM tersebut dapat melakukan perpanjangan SIM pada tanggal 16 April 2024.

Kapolres Tabalong melalui Kasatlantas, AKP Andi Tri Hidayat, menjelaskan bahwa melihat dari pengalaman tahun sebelumnya, umumnya jumlah masyarakat yang datang pasca Lebaran meningkat 2 hingga 3 kali lipat dibandingkan hari biasa.

“Bisa jadi kita 2 sampai 3 kali lipat untuk peningkatan tersebut karena memang yang paling banyak adalah perpanjangan dikala SIM mati kayak ini misalkan hari Senin tanggal 8, 9, 10, ini dinyatakan libur, ya seyogyanya ini tidak ada masalah. Kenapa saya bilang gak ada masalah? Karena bisa perpanjangan 1 minggu sebelumnya atau 2 minggu sebelumnya namun kemudian memang ada kebijakan dari Korlantas atau dari Direktorat Polda Kalsel memang ada pengecualian yang SIM-nya mati tanggal 13 sampai dengan 15 bisa diperpanjang tanggal 16. Mungkin itu yang bisa kita kasih keringanan untuk SIM yang sudah kadaluwarsa di hari libur,” ujar AKP Andi Tri Hidayat, Kasatlantas Polres Tabalong.

Baca Juga  Tanaman Produktif Akan Ditanam di Sepanjang Jalan Nan Sarunai

Dalam kesempatan ini, AKP Andi juga mengimbau agar masyarakat dapat melakukan perpanjangan SIM jauh-jauh hari atau maksimal sebulan sebelum jatuh masa kadaluwarsa SIM. Ini dilakukan guna mengantisipasi habisnya masa berlaku SIM di waktu libur panjang.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment