Melihat Indahnya Kaligrafi Peserta MTQ Ke 47 Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Kaligrafi Islam, yang sering disebut sebagai Kaligrafi Arab atau seni lukis Huruf Arab, merupakan seni artistik tulisan tangan, yang turut diperlombakan dalam Musabaqoh Tilawatil Qur’an ke 47 tingkat Kabupaten Tabalong.  Cabang lomba ini mempertandingkan 4 nomor lomba, yaitu mushaf, dekorasi, naskah, serta kontemporer.

Berbagai tulisan ditampilkan para peserta dalam lomba ini. Seperti tulisan tsulus, diwani, diwani jali, khaufi, dan berbagai jenis tulisan lainnya. Dewan Hakim Cabang Kaligrafi Subriani mengakui, dalam lomba kaligrafi tahun ini, banyak diikuti wajah baru.

“perkembangan peserta didalam peningkatan kualitas baik keindahan tulisan dari tahun ke tahun kami nilai cukup signifikan, karena sebagian besar peserta itu sudah mengikuti latihan-latihan di lembaga tulisan Al-Quran, contoh seperti di Banua Lawas ini di lembaga bimbingan penulisan Al-Quran yang dibina oleh Bapak Azni di lokasi pesantren Al-Quran,”

Dalam Cabang Kaligrafi ini menggunakan sistem gugur, dewan hakim akan menentukan 5 pemenang dari masing-masing cabang. Lomba kaligrafi kali ini berlokasi di SD Negeri Pasar Arba, yang masih berlokasi di jantung Kecamatan Banua Lawas.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment