Home Tabalong Hari Ini Pembangunan Jalan Usaha Tani Jadi Prioritas Dana Desa di Kecamatan Pugaan

Pembangunan Jalan Usaha Tani Jadi Prioritas Dana Desa di Kecamatan Pugaan

by Muhammad Rais
0 comment

Peningkatan infrastruktur pertanian menjadi program prioritas pembangunan melalui anggaran Dana Desa di Kecamatan Pugaan. Pasalnya, infrastruktur pertanian menjadi kebutuhan utama masyarakat dalam meningkatkan perekonomian.

Hal tersebut diungkapkan Camat Pugaan, Farith Yusriyanur Riza, saat ditemui usai peresmian Perpustakaan Desa Sungai Rukam Satu pada Selasa, 23 Januari 2024, di Kantor Desa Sungai Rukam Satu.

Farith menjelaskan bahwa saat ini upaya peningkatan infrastruktur pertanian di wilayah Pugaan terus digenjot. Dari 56 program pembangunan yang dilakukan oleh 7 desa di Kecamatan Pugaan tahun 2023 lalu, sebagian besar difokuskan pada peningkatan jalan usaha tani.

Farith menilai peningkatan jalan usaha tani penting dilakukan untuk mengoptimalkan potensi lahan pertanian yang mencapai 1.205 hektar. Pasalnya, dari total potensi lahan tersebut, yang bisa tergarap saat ini hanya sekitar 55 persen atau 662 hektar.

“Kenapa jalan usaha tani menjadi prioritas program? Karena hampir semua wilayah Kecamatan Pugaan ini didominasi lahan-lahan pertanian. Cuma yang jadi permasalahan pertanian di Kecamatan Pugaan ini masih terkontaminasi dengan masalah adanya air-air yang belum bisa terkondisi, sehingga banyak lahan pertanian yang hingga saat ini masih tergenang air,” ungkap Farith Yusriyanur Riza, Camat Pugaan.

Farith menambahkan bahwa untuk mengendalikan air di area pertanian, pihaknya juga telah berupaya mengusulkan pembangunan embung dan saluran irigasi melalui Bupati Tabalong untuk diteruskan ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Baca Juga  Calon Guru Penggerak Tabalong Pamerkan Aksi Nyata pada Lokakarya ke-7

Farith berharap dengan adanya upaya tersebut, produktivitas padi di Kecamatan Pugaan yang saat ini mencapai 6 ribu ton pertahun dapat terus ditingkatkan, sehingga akan berdampak pada meningkatnya perekonomian masyarakat.

(Gazali Rahman/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment