Home Tabalong Hari Ini Musrenbang Banua Lawas Himpun 294 Usulan, 20 Usulan Sangat Prioritas

Musrenbang Banua Lawas Himpun 294 Usulan, 20 Usulan Sangat Prioritas

by Muhammad Rais
0 comment

Musyawarah Rencana Pembangunan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2025 digelar di Kecamatan Banua Lawas, Selasa, 23 Januari 2024, di Taman Wisata Sapana, Desa Pematang. Dalam musrenbang ini berhasil menghimpun hampir 300 usulan.

Sebanyak 294 usulan berhasil dihimpun dalam Musrenbang RKPD tahun 2025 tingkat Kecamatan Banua Lawas. Usulan tersebut terdiri dari 119 usulan bidang infrastruktur, 84 usulan bidang ekonomi, dan 91 usulan bidang pelayanan publik.

Pelaksana Harian Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang Tabalong, Sujadi, mengatakan, berdasarkan rekapitulasi melalui SIPD, mayoritas usulan tersebut ditujukan bagi Dinas PUPR Tabalong.

“Berdasarkan rekapitulasi dari aplikasi SIPD, usulan yang telah dirangkum oleh pemerintah desa dan dimasukkan ke dalam sistem aplikasi untuk kecamatan Banua Lawas berjumlah 294. Dari jumlah tersebut, untuk infrastruktur ada 119 usulan, bidang ekonomi 84 usulan, dan pelayanan publik 91 usulan. Berdasarkan jumlah SKPD ditujukkan kepada 15 perangkat daerah. Untuk jumlah yang terbesar itu ada infrastruktur yang ditujukan kepada Dinas PUPR sebanyak 88 usulan atau 29 persen, dan DKPPTPH 55 usulan atau 18 persen,” kata Sujadi, Pelaksana Harian Kepala BAPPEDA Litbang Tabalong.

Sementara itu, Camat Banua Lawas, Fariduddin, menyampaikan bahwa dari 294 keseluruhan usulan, 20 di antaranya sangat prioritas, seperti peningkatan dan pelebaran sejumlah jalan, renovasi dan peningkatan jembatan, rehab pintu air, pengadaan alsintan, hingga pipanisasi irigasi pertanian.

Baca Juga  Winney Atlet Long Jump Asal Tabalong Bakal Berangkat Ke Australia

“Pada kesempatan ini kami sampaikan bahwa kondisi jalan, khususnya jalan lingkungan, masih banyak yang perlu penanganan. Ini sangat prioritas, Pak. Dari skala prioritas meningkat jadi sangat prioritas. Menurut kami, ini perlu penanganan yang cepat karena ini merupakan hajat orang banyak di Banua Lawas,” ungkap Fariduddin, Camat Banua Lawas.

Fariduddin berharap agar usulan yang telah disampaikan dapat direalisasikan pada RKPD tahun 2025, terlebih lagi dapat dikerjakan di anggaran induk maupun anggaran perubahan tahun 2024.

Adapun 20 usulan yang sangat prioritas antara lain peningkatan dan pelebaran jalan sepanjang 6 kilometer dari Bangkiling hingga Hapalah, renovasi jembatan di Desa Bangkiling, rehab pintu air di Desa Banua Rantau, penyelesaian jalan sepanjang 2 kilometer Baco-Banua Lawas, rehab total jembatan di Desa Bangkiling, peningkatan jalan TMMD, peningkatan jembatan di Desa Batang Banyu dan Desa Habau, peningkatan jalan dan rehab jembatan gantung di Desa Sungai Anyar, pelebaran jalan kabupaten dan pembuatan pintu air Desa Purai, peningkatan jalan Pematang-Tabur sepanjang 1,5 kilometer, pengadaan alat mesin pertanian di Desa Bungin, peningkatan jalan kabupaten sepanjang 4 kilometer, dan pembuatan pipa irigasi pertanian di Desa Habau Hulu. Serta penggantian jembatan di Desa Hariang, serta pengaspalan jalan kabupaten di Desa Talan.

You Might Be Interested In
Baca Juga  KPN Tri Karya Utamakan Pelayanan Untuk Anggota

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment