Home Tabalong Hari Ini Bupati Anang Dorong Kades di Banua Lawas Ciptakan Usaha Baru bagi Masyarakat

Bupati Anang Dorong Kades di Banua Lawas Ciptakan Usaha Baru bagi Masyarakat

by Muhammad Rais
0 comment

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, mendorong Kepala Desa di Kecamatan Banua Lawas menciptakan peluang usaha baru bagi masyarakat. Pasalnya, saat ini, geliang ekonomi masyarakat Banua Lawas masih bertumpu pada sektor pertanian padi.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, dalam sambutannya saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau Musrenbang RKPD 2025 tingkat Kecamatan Banua Lawas, Selasa, 23 Januari 2024, di Taman Wisata Sapana, Desa Pematang.

Bupati Anang menjelaskan bahwa peningkatan geliang ekonomi masyarakat di 15 desa yang ada di Kecamatan Banua Lawas menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Tabalong. Pasalnya, kecamatan ini masih menjadi salah satu kecamatan dengan angka kemiskinan yang cukup tinggi.

Salah satu upaya untuk menggairahkan perekonomian tersebut, menurut Bupati Anang, adalah dengan menciptakan kegiatan usaha baru di luar dari usaha pertanian padi yang saat ini dijalankan masyarakat. Usaha baru tersebut antara lain pertanian yang mempengaruhi angka inflasi seperti bawang merah dan cabai.

“Untuk mendukung upaya pak kades menciptakan usaha-usaha lain diluar tanam padi, diinventarisasi aja pak camat, pemuda-pemuda di desa yang membutuhkan latihan kerja, jadi kalau perlu kecamatan yang mengusulkan, misal kami di Banua Lawas ini perlunya ini, perlunya ini. Nah kalau misalnya dana APBD kabupaten untuk mendukung kegiatan pelatihan itu tidak tercukupi, ya udah anggarkan aja dana desa,” kata Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Baca Juga  Sekretaris DPRD Tabalong Sampaikan Progress Pembentukan Perda Tahun 2022

Disamping itu, guna mempercepat pembangunan di pedesaan, Bupati Anang berharap agar adanya sinergitas pembangunan melalui anggaran pemerintah daerah dan anggaran pemerintah desa sebagai upaya mempercepat pembangunan.

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment