Home Tabalong Hari Ini Lolos Istithaah Kesehatan, 251 CJH Tabalong Berhak Lunasi Biaya Haji

Lolos Istithaah Kesehatan, 251 CJH Tabalong Berhak Lunasi Biaya Haji

by Muhammad Rais
0 comment

Ratusan calon jamaah haji Kabupaten Tabalong tahun 2024 dinyatakan lolos istithaah kesehatan. CJH yang lolos ini berhak melunasi biaya perjalanan ibadah haji.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Tabalong per tanggal 24 Januari 2024, dari 622 calon jamaah haji Tabalong yang telah melakukan tes kesehatan haji di puskesmas, sebanyak 251 orang di antaranya dinyatakan telah memenuhi syarat untuk melunasi biaya perjalanan ibadah haji tahun 2024.

Sedangkan 371 calon jamaah haji lainnya saat ini tengah menunggu hasil pemeriksaan kesehatan dan verifikasi pada Siskohatkes atau Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Bidang Kesehatan.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Tabalong, Muhammad Aris, saat di temui di ruang kerjanya menjelaskan bahwa dari calon jamaah haji tersebut saat ini terdapat 7 calon jamaah haji yang terdeteksi memiliki penyakit beresiko tinggi.

“Karena hasil pemeriksaan teman-teman di puskesmas jauh-jauh hari, jamaah haji sudah kita periksa kesehatan dan laboratorium akan terdeteksi potensi-potensi gangguan penyakit yang diderita. Nah, masih ada waktu akan kita monitor sehingga ini juga yang menunda kita melakukan pengentrian data ke Siskohat supaya ada perbaikan dari jamaah haji, dan kita memaksimalkan untuk membaik kesehatannya sebelum berangkat,” ujar Muhammad Aris, Kabid P2P Dinkes Tabalong.

Aris menambahkan, selain pemeriksaan kesehatan, Dinkes Tabalong juga akan melakukan vaksinasi meningitis kepada seluruh calon jamaah haji yang dipastikan berangkat. Sedangkan untuk vaksinasi COVID-19, menurut Aris, saat ini belum menjadi syarat keberangkatan haji mengingat telah berakhirnya pandemi COVID-19.

Baca Juga  Desember 2023, Inflasi Tabalong Kembali Masuk 10 Terendah Se-Indonesia

Diketahui, kuota jamaah haji Kabupaten Tabalong tahun 2024 sebanyak 556 orang terdiri dari 503 kuota awal, 50 kuota tambahan bagi jamaah umum, dan 3 kuota tambahan khusus jamaah lansia. Selain itu, juga terdapat 163 orang calon jamaah haji yang masuk dalam daftar cadangan tahun ini.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment