Bapenda Tabalong Upayakan PAD Sarang Burung Walet Meningkat

by tabalong hari ini
0 comment

Dari berbagai jenis sember pendapatan asli daerah yang dikelola Badan Pendapatan Daerah Tabalong, pajak sarang burung walet merupakan jenis pajak dengan realisasi paling rendah dari tahun ke tahun.

Sementara potensi PAD sendiri dinilai sangat besar dari pendapatan sarang burung walet. Saat ini tercatat ada lebih dari 200 sarang burung walet yang telah beroperasi di wilayah Kabupaten Tabalong.

Untuk meningkatkan dan memaksimalkan pendapatan pajak sarang burung walet, Kepala Bapenda Tabalong, Nanang Mulkani pun menjelaskan, pihaknya sedang melakukan proses kerjasama dengan Balai Karantina Hewan Banjarmasin. Kerjasama ini dinilai mampu menyadarkan pengusaha sarang walet akan kewajibannya.

“Nah setiap produk peternakan pertanian ini kan semuanya harus lewat Balai Karantina Hewan di Banjarmasin, kami sudah menghubungi balai karantina hewan untuk bekerja sama jadi kita minta bahwa semua sarang burung walet kalau yang mau diekspor itu wajib melampirkan surat tanda lunas pajak daerah apalagi yang dari Tabalong,” jelasnya.

Selain itu pihaknya juga secara door to door melakukan penagihan kepada pemilik sarang burung wallet. Dengan upaya yang maksimal, diharapkan pendapatan pajak dari sarang burung wallet pun dapat bersaing dengan pendapatan pajak jenis lainnya.

Maria Ulfah, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment