Home Tabalong Hari Ini Tradisi Usap Kepala Anak Yatim di Hari Asyura

Tradisi Usap Kepala Anak Yatim di Hari Asyura

by Muhammad Rais
0 comment

Lembaga Pendidikan Islam Nurul Fajeri Kalahang, bersama Komunitas Peduli Anak Yatim (KOMPAY) Tabalong, menggelar kegiatan Pekan Muharram selama 10 hari. Kegiatan ditutup dengan penyerahan santunan bagi anak yatim pada Jumat, 28 Juli 2023, atau bertepatan dengan 10 Muharram 1445 Hijriyah.

Bertempat di Sekretariat Komunitas Peduli Anak Yatim KOMPAY Tabalong, di RT 2 Desa Wayau, Kecamatan Tanjung, sebanyak 115 anak yatim menerima santunan.

Penyerahan santunan dilakukan para orang tua dan guru yang dimulai dengan tradisi mengusap kepala anak yatim. Santunan yang diberikan berupa uang tunai dan bingkisan hasil donasi dari masyarakat, lembaga pemerintahan, perbankan, hingga hasil sumbangan melalui Pekan Amal beberapa waktu lalu.

Panitia pelaksana Nanang Fadrianoor menjelaskan, kegiatan ini bertujuan agar para anak yatim khususnya yang ada di Desa Wayau, turut merasakan kebahagiaan di bulan Muharram.

“Harapannya anak yatim kita tidak merasa sendiri lagi, dia merasa memiliki orang tua asuh. Dengan adanya kita komunitas ini, dengan adanya acara-acara seperti ini, mudah-mudahan anak-anak yatim maupun yatim piatu itu tidak merasa sendiri, supaya mereka merasakan seperti anak-anak umumnya yang mempunyai orang tua dan mendapat kasih sayang orang tua.” ujar Nanang Fadrianoor, panitia pelaksana.

Nanang menambahkan, kegiatan serupa juga turut digelar pihaknya di beberapa desa, antara lain di Kelurahan Hikun, Desa Kambitin, Desa Garunggung, Desa Kitang, Desa Juai, hingga ke Desa Mahe Seberang.

Baca Juga  Terima Sertifikasi Halal, Pelaku Usaha: Mampu Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat

Diketahui, pemberian santunan ini sudah memasuki tahun ke tujuh sejak dirintis oleh Lembaga Pendidikan Islam Nurul Fajeri Kalahang yang berkolaborasi dengan KOMPAY Tabalong.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment