Home Tabalong Hari IniSosial DPS Pemilu 2024 di Tabalong Berkurang 525 Pemilih

DPS Pemilu 2024 di Tabalong Berkurang 525 Pemilih

by tabalong hari ini
0 comment

Daftar Pemilih Sementara DPS untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Tabalong Berkurang – Berkurangnya DPS ini Diketahui Usai Pelaksanaan Rapat Pleno Hasil Perbaikan Daftar Pemilih Sementara Tingkat Kabupaten Tabalong, Kamis Malam 11 Mei 2023 Tadi.

Dalam Berita Acara yang Tertuang dari Hasil Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tabalong yang Berlangsung Hingga Dini Hari Diketahui, Hasil Rekapitulasi Hasil Perbaikan Daftar Pemilih Sementara atau DPS dari 12 Kecamatan, 131 Desa dan Kelurahan, 903 Tempat Pemungutan Suara Reguler dan 2 TPS Lokasi Khusus, Terdapat 186.483 Jumlah Pemilih Aktif yang Terdiri dari 93.203 Pemilih Perempuan dan 93.280 Pemilih Laki-laki.

Jumlah Tersebut Berkurang 525 Pemilih dari Data Awal Hasil Coklit Sebanyak 187.008 Pemilih yang Terdiri dari 93.563 Pemilih Laki-laki dan 93.445 Pemilih Perempuan.

Ditemui Usai Rapat Pleno, Komisioner KPU Tabalong Divisi Perencanaan Data dan Informasi (Rendatin) M. Sunaryo mengatakan, Adanya Pengurangan Data Pemilih Ini Diketahui Usai Adanya Tanggapan dan Masukan dari Masyarakat di 12 Kecamatan. Yang Mana Pengurangan Ini Didominasi Oleh Pemilih Terkonfirmasi Ganda dan Meninggal Dunia

Sunaryo Berharap Tanggapan dan Masukan Dapat Terus Diberikan Masyarakat. Pasalnya, Tahapan Perbaikan Data Pemilih Masih Akan Dilanjutkan untuk Daftar Pemilih Hasil Perbaikan Tahap Akhir yang Berlangsung Satu Setengah Bulan Kedepan.

“Jadi kita harapkan masih tanggapan itu terus berjalan karena data-data sekarang kita berdasarkan de jure ataupun KTP elektronik yang mana tidak serta merta kita TMS kan yang bersangkutan misalkan sudah pindah, jadi kalau sudah pindah kita harus tahu dulu dia pindah kemana yang biasanya akan terkonfirmasi ganda dengan daerah lain nah maka di mana dia berada disitulah yang dipertahankan” ujarnya.

Baca Juga  Salat Idul Fitri Bersama Masyarakat di Masjid Tanjung, Ini Pesan PJ Bupati Hamida…

Sunaryo Menambahkan, Pihaknya Juga Telah Menginstruksikan Kepada Jajaran KPU yang Ada di Bawah untuk Terus Melakukan Koordinasi dan Komunikasi kepada Kepala Desa/Kelurahan maupun RT Setempat Terkait Data Warga yang Pindah, Meninggal atau Data yang Baru Keluar Masuk.

Dirinya Menilai Jika Langkah Tersebut Dilaksanakan Secara Intens, Diharapkan DPT Lebih Akurat dan Tidak Ada Lagi Warga Tabalong yang Tertinggal di Daftar Pemilih pada Pemilu 2024 Mendatang.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment