Home Editor's Picks Cek Kondisi Peralatan Cadangan Mobil Agar Mudik Aman dan Nyaman

Cek Kondisi Peralatan Cadangan Mobil Agar Mudik Aman dan Nyaman

by tabalong hari ini
0 comment

Masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik Lebaran 1444 Hijriyah dengan mobil pribadi, ada baiknya memperhatikan sejumlah hal penting untuk kenyamanan dan juga keamanan selama perjalanan menuju kampung halaman.

Kepala Cabang Dealer Mobil Trio Motor Honda Tanjung, Muhammad Farid, menjelaskan ada sejumlah hal yang perlu disiapkan para pemudik agar perjalanan menjadi aman dan nyaman.

Pertama, pastikan kendaraan dalam kondisi baik, seperti mengecek oli mesin mobil, mengecek kondisi dan tekanan ban, memastikan sistem kelistrikan berjalan optimal, dan pastikan rem dalam kondisi baik.

Kedua, pastikan peralatan cadangan yang ada di mobil dalam kondisi lengkap dan baik, seperti dongkrak, kunci ban, hingga ban serep.

Ketiga, pastikan Anda mengetahui jalur perjalanan yang akan dilalui dan bagaimana kondisi jalan yang akan dilewati, dan selalu periksa informasi melalui media sosial.

Lebih baik gunakan juga aplikasi navigasi secara rutin untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat.

“Untuk peralatan darurat di mobil, perhatikan jangan lupa bawa dongkrak, kunci roda, kemudian seperti buku perawatan juga perlu diperhatikan. Untuk himbauan kepada masyarakat, agar tertib dan menaati aturan dan rambu-rambu lalu lintas di jalan raya, agar perjalanan mudik semuanya berjalan dengan lancar,” ujar Muhammad Farid, Kepala Cabang Honda Tanjung.

Selain itu, pastikan kondisi kesehatan Anda dan anggota keluarga dalam keadaan yang baik, dan jangan lupa untuk membawa obat-obatan maupun P3K yang diperlukan selama perjalanan.

Berkendara jauh dengan kendaraan pribadi membutuhkan waktu yang cukup lama. Hindari kelelahan dan jangan memaksakan diri untuk terus berkendara dalam waktu yang lama, karena dapat membahayakan diri sendiri dan penumpang, dengan cara beristirahat secara berkala.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment