Home Editor's Picks Aplikasi E-Kohort untuk Memudahkan Layanan Kesehatan Ibu & Anak

Aplikasi E-Kohort untuk Memudahkan Layanan Kesehatan Ibu & Anak

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Kesehatan Tabalong kembali melakukan sosialisasi aplikasi E-Kohort tingkat Kabupaten Tabalong. Sosialisasi yang kedua kalinya digelar sejak tahun 2022 ini, untuk memperkuat dan mengevaluasi penerapan E-Kohort dalam satu tahun terakhir.

Sosialisasi untuk penguatan penerapan aplikasi E-Kohort digelar Dinas Kesehatan Tabalong pada Selasa, 16 Mei 2023.

Aplikasi E-Kohort merupakan pemantauan terintegrasi bagi ibu, bayi, balita, dan seluruh siklus kehidupan manusia, yang mencakup implementasi pencatatan, pelayanan, dan pelaporan secara elektronik dengan tujuan meningkatkan serta memudahkan.

Pemateri sosialisasi, Staf Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan, Nur Zakiah, menuturkan bahwa aplikasi E-Kohort dibuat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sejak dua tahun lalu. Aplikasi ini disosialisasikan secara bertahap, agar mempermudah kerja tenaga kesehatan khususnya bidan di tingkat puskesmas hingga bidan desa.

“Jadi E-Kohort ini tentunya membantu bagi petugas kesehatan, khususnya bidan, dalam memantau perkembangan ibu maupun anak dalam kesehatan. Jadi si bidan tersebut lebih mudah dalam memantau perkembangannya, baik risiko kehamilannya, perkembangan tumbuh kembang anak, jadi lebih mudah terpantau dengan adanya E-Kohort begitu,” ujar Nur Zakiah, Staf Seksi Kesehatan Keluarga & Gizi Dinkes Kalsel.

Nur Zakiah menilai pengaplikasian E-Kohort di Kabupaten Tabalong dalam satu tahun terakhir sudah baik. Namun ia meminta agar lebih ditingkatkan lagi dalam hal pencatatan, sehingga penggunaan aplikasi E-Kohort lebih maksimal untuk melayani kesehatan ibu dan anak.

Baca Juga  Meriahkan Puncak Hari Jadi Tabalong, Masyarakat Dijamu Makanan Gratis

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment