Home Tabalong Hari Ini Batik Tabalong Jadi Icon Nan Sarunai Tabalong Festival 2023

Batik Tabalong Jadi Icon Nan Sarunai Tabalong Festival 2023

by Muhammad Rais
0 comment

Batik Tabalong menjadi ikon yang digaungkan pada peluncuran Nan Sarunai Tabalong Festival tahun 2023. Bupati Tabalong sebagai penggagas Batik Tabalong menyebutkan bahwa Batik Tabalong menjadi kain pemersatu karena memiliki motif khas dari berbagai suku di Tabalong.

Peluncuran Nan Sarunai Tabalong Festival pada 15 Oktober 2023 dimeriahkan dengan fashion show Batik Tabalong. Fashion show Batik Tabalong hasil desainer lokal, Mahdalena Syahdan, diperagakan puluhan anak-anak dan pemuda Tabalong.

Selain fashion show Batik Tabalong, peluncuran Nan Sarunai Tabalong Festival juga dimeriahkan dengan tari tradisional, tampilan Pandaz N Friend, serta Bigbos Musik.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani menuturkan bahwa Batik Tabalong merupakan ikon dalam peluncuran Nan Sarunai Tabalong Festival. Ia menilai Batik Tabalong sebagai kain pemersatu suku yang ada di sekitar Tabalong melalui motif atau corak yang ditampilkan. Diketahui bahwa Batik Tabalong memiliki tiga motif dasar, yaitu Gigi Haruan, Talabang Dayak, dan Buah Langsat.

“Kenapa kickoff Nan Sarunai Tabalong Festival ini ditandai dengan fashion show Batik Tabalong? Karena kita baru menyadari bahwa Batik Tabalong yang saya pakai ini sudah mulai merambah pasar nasional dan pasar internasional dari segi budaya. Maka, Batik Tabalong ini melengkapi khasanah kain sasirangan dengan berbagai motif.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Tidak hanya menampilkan pertunjukan fashion show dan seni budaya lokal, dalam momen ini, pemerintah Kabupaten Tabalong juga menghadirkan UMKM lokal seperti hasil pengrajin Batik Tabalong, makanan ringan khas Tabalong, kopi tradisional khas Tabalong, dan berbagai aksesoris khas Tabalong lainnya.

Baca Juga  Jum'at 14 Juli 2023, Harga Sejumlah Komoditas Cabai di Pasar Kapar Turun

(Gazali Rahman/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment