Home Editor's Picks Panen Raya Ikan Nila Di Desa Kambitin Raya

Panen Raya Ikan Nila Di Desa Kambitin Raya

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Tabalong, bersama Kelompok Budidaya Ikan Sidomakmur Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung, melakukan panen raya ikan nila pada 22 November 2022. Panen raya dilakukan di keramba warga Desa Kambitin Raya yang tergabung dalam Kelompok Budidaya Ikan Sidomakmur.

Panen raya dilakukan untuk total ikan nila sekitar satu koma satu ton. Sebelumnya kelompok peternak ikan ini menebar sekitar 13 ribu benih ikan.

Kepala DKPPTPH Tabalong, Mohamad Mugeni mengatakan, Desa Kambitin Raya dulu sudah terkenal dengan kawasan pembenih ikan. Namun seiring berjalannya waktu, petani di Kambitin Raya ini sudah mulai membudidayakan ikan sendiri, dan sekarang sudah menghasilkan ikan konsumsi.

Sejak lama sekali sudah terkenal dengan kawasan pembenih ikan, disini ada 7 kelompok UPR, unit pembenihan rakyat untuk ikan, dari perkembangan itu ternyata para petani kita sudah mulai membudidayakan membesarkan, apa yang seperti kita lihat tadi ada panen ikan nila itu salah satu perubahan mereka dulu menghasilkan benih, sekarang sudah menghasilkan ikan konsumsi,” tuturnya.

Mugeni berharap hasil panen tidak hanya menghasilkan ikan konsumsi, namun juga dapat diolah menjadi makanan olahan berbahan dasar ikan. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Kambitin.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Baca Juga  Muktamar Rabithah Melayu Banjar, Bentuk Dukungan Hadirnya IKN

Related Articles

Leave a Comment