Bupati Anang Minta Pemdes Kerjasama Bangun Bumdesmart

by tabalong hari ini
0 comment

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, mendorong setiap desa untuk meningkatkan Bumdesmartnya masing-masing. Hal ini disampaikan Bupati Anang saat membuka Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa bagi Kepala Desa se Tabalong pada 6 September 2022 di Tanjung.

Bupati Anang menyampaikan Bumdesmart menjadi salah satu usaha yang dapat meningkatkan perekonomian desa. Terlebih di masa pandemi covid-19, desa yang memiliki Bumdesmart cenderung mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sayangnya hingga saat ini dari 121 desa di Tabalong, hanya 9 Bumdesmart yang aktif. Bupati Anang pun meminta setiap desa meningkatkan Bumdesmart, meski kemampuan setiap desa berbeda-beda. Hal ini dilakukan untuk menjadikan masyarakat sebagai tuan rumah di desanya sendiri, sebelum para investor besar masuk.

“Ya kalau tidak bisa satu desa satu Bumdesmart bisa dua desa atau tiga desa satu Bumdesmart masalahnya apa yang pertama soal peluang-peluang usah Bumdesmart ini sangat terbuka dan memiliki prospek yang bagus kedepan,” tuturnya.

Bupati Anang memprediksikan dua atau tiga tahun yang akan datang jumlah penduduk di Tabalong akan mengalami peningkatan secara signifikan, terlebih jika IKN telah resmi pindah 2024 mendatang. Berdasarkan hal tersebut dirinya menilai Bumdesmart memiliki potensi usaha yang bagus, untuk mencapai kemandirian desa.

Gazali Rahman, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment