Home Editor's Picks Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Dikala Banjir Melanda

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Dikala Banjir Melanda

by tabalong hari ini
0 comment

Bencana banjir masih menjadi ancaman bagi Tabalong, karena intensitas hujan tinggi di daerah Kalimantan Selatan, diperkirakan berlangsung hingga Maret 2023. Bencana banjir pun tidak hanya menyebabkan terganggu nya aktivitas keseharian dan merusak properti, namun juga membawa ancaman masalah kesehatan.

Pasalnya banjir bisa menyebabkan berbagai penyakit, sehingga penting bagi para korban banjir untuk menjaga kesehatan badan. Salah satunya dengan menjaga kebersihan anggota tubuh, dengan sabun dan air mengalir. Mengkonsumsi makanan higienis agar terhindar dari bakteri yang terbawa air banjir. Selain itu pastikan tubuh tidak merasa kelelahan atau kedinginan agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

“Ya kalau misalnya jaga kondisi sih, jadi tidak boleh terlalu cape, apalagi untuk anak-anak, karena kan kalau misalnya dia sudah main air, tidak tahu waktu istilahnya, jadi mungkin orang tua perlu mengingatkan, kalau sudah waktunya istirahat, atau misalnya setelah bermain air harus ganti baju, jangan memakai baju yang basah terus gitu, karena dengan baju basah yang dapat terjangkit penyakit kulit, belum lagi dingin gitu kan, jadi mudah daya tahan tubuhnya mudah turun,” tutur dr. Eka Nisfi Purnama, Dokter Puskesmas Murung Pudak.

Dokter Eka pun menyebutkan, meskipun sedang terjadi bencana banjir, aktivitas sehari hari diusahakan jangan sampai terganggu, dan jika diperlukan konsumsi vitamin untuk menambah daya tahan tubuh agar tidak mudah untuk terserang penyakit.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment