Home DPRD Wujudkan Tabalong Penyangga Pangan IKN, Ini Upaya Komisi 2 DPRD Tabalong…

Wujudkan Tabalong Penyangga Pangan IKN, Ini Upaya Komisi 2 DPRD Tabalong…

by tabalong hari ini
0 comment

Komisi 2 DPRD Kabupaten Tabalong bersama SKPD terkait, kunjungi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kementerian Pertanian Republik Indonesia pada 23 dan 24 Februari 2023 lalu. 

Untuk mendukung Kabupaten Tabalong sebagai serambi depan Kalimantan Selatan menuju Ibu Kota Negara baru, Komisi 2 DPRD Kabupaten Tabalong, didampingi Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tabalong, Dinas Perkebunan Tabalong, dan Bappedalitbang Tabalong, melakukan koordinasi dan konsultasi ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, di Jakarta.

Pada koordinasi dan konsultasi ini, ada sejumlah materi yang menjadi pembahasan Komisi 2 dan SKPD Tabalong, seperti meminta dukungan APBN untuk mewujudkan Kabupaten Tabalong sebagai penyangga pangan IKN ke Bappenas, dan meminta dukungan APBN ke Kementerian Pertanian dalam rangka peningkatan produksi tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan di Kabupaten Tabalong.

Salah seorang anggota Komisi 2 DPRD Tabalong Moh Haryadi yang mengikuti kunjungan kerja tersebut, saat diwawancarai usai rapat finishing Raperda perlindungan LP2B pada Senin 27 Februari 2023 menuturkan, baik Bappenas dan Kementerian Pertanian telah menyiapkan dana alokasi khusus untuk pertanian di Kabupaten Tabalong.

Agar dana tersebut dapat disalurkan, maka Kabupaten Tabalong harus memiliki Perda Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan sebagai payung hukum, yang saat ini telah rampung dan akan diparipurnakan.

“Terutama sumber daya manusia, ketahanan pangan, penyediaan pangan agar lebih cukup untuk menyediakan di IKN nanti itu keterangan dari kementerian pertanian dan Bappenas, dan kita Komisi 2 sangat mendukung dengan adanya seperti itu, dengan adanya pengajuan-pengajuan dengan segala bidang artinya pertanian secara umum ada sikap sangat serius dari menteri pertanian dan Bapenas, tinggal kita bisa nggak koordinasi kita DPR, masyarakat kita, dinas-dinas kita, teman-teman dari instansi sendiri harus koordinasi dengan baik,” kata Haryadi.

Baca Juga  Harga Cabai Naik di Pasar Tanjung

Hariyadi menambahkan, Bappenas dan Kementerian Pertanian juga mengharapkan agar Pemkab Tabalong dapat bekerjasama dengan seluruh sektor untuk dapat memajukan Kabupaten Tabalong sebagai kabupaten penyangga IKN. 

Nova Arianti, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment