Home Tabalong Hari Ini Baznas Tekan Stunting Melalui Program Ibu Hamil Sehat

Baznas Tekan Stunting Melalui Program Ibu Hamil Sehat

by Muhammad Rais
0 comment

Untuk menekan dan mencegah angka stunting di Kabupaten Tabalong, Badan Amil Zakat Nasional, Baznas Kabupaten Tabalong, menyalurkan program Ibu Hamil Sehat. Puluhan ibu dan anak yang menjadi target sasaran program tersebut, mengikuti Tasmîyah Massal yang digelar Baznas.

Badan Amil Zakat Nasional, Baznas Kabupaten Tabalong, menggelar Tasmîyah Massal pada 10 Februari 2024, di Balai Rakyat Dandung Suchowardi Pembataan. Kegiatan diikuti 29 orang peserta.

Para peserta ini merupakan ibu dan anak penerima bantuan program Ibu Hamil Sehat, yang berlangsung selama 6 bulan, yaitu mulai kehamilan umur 3 hingga 9 bulan. Bantuan yang diberikan berupa pembinaan, pemeriksaan kesehatan, pemberian nutrisi, hingga bantuan uang untuk persalinan, dengan total bantuan keseluruhan untuk satu orang yaitu 5,5 juta rupiah.

Program Ibu Hamil Sehat yang diadopsi dari program Baznas Provinsi Kalimantan Selatan ini, hanya mampu menyesar 3 kecamatan di wilayah Tengah Tabalong, yaitu Kecamatan Murung Pudak, Kecamatan Tanjung, dan Kecamatan Tanta. Terbatasnya cakupan ini disebabkan terbatasnya mobilitas ibu hamil yang harus berkumpul di satu titik lokasi.

Karena hal tersebut, Kepala Baznas Tabalong, Mardani, mengatakan bahwa ke depannya pihaknya akan melakukan pengkajian, agar bantuan program Ibu Hamil menyasar seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tabalong.

“Kedepan dari hasil evaluasi kita yang ada ini mudah-mudahan kita lebih bisa meningkatkan lagi baik mengenai jumlah dan wilayah cakupan pelayanan. Kalau sementara ini hanya 3 kecamatan, Kecamatan Murung Pudak, Tanjung, dan Tanta. Karena ini menyangkut mobilitas mereka yang masuk dalam program ini, karena setiap bulan harus dikumpulkan di satu tempat untuk diberikan pembinaan. Nah, kalau yang jauh, sehingga kita mengalami masalah soal transportasi untuk sementara ini. Jadi kami masih mencari pola bagaimana supaya semua kecamatan di Kabupaten Tabalong bisa dilayani dengan program ini,” ujar Mardani, Ketua Baznas Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Raperda APBD 2024 Disepakati, Proyeksi APBD Capai Rp. 2,4 Triliyun

Kegiatan Tasmîyah Massal ini dipimpin Ketua MUI Kabupaten Tabalong, didampingi Bupati Tabalong, Ketua Baznas Tabalong, serta Ketua Baznas Provinsi Kalimantan Selatan.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment