Home Tabalong Hari Ini DPJB Kalsel Dorong Realisasi Penyaluran DAK Fisik Tabalong Dimaksimalkan

DPJB Kalsel Dorong Realisasi Penyaluran DAK Fisik Tabalong Dimaksimalkan

by Muhammad Rais
0 comment

Dalam rangka mendorong percepatan penyaluran dana APBN di Kabupaten Tabalong, Kanwil Direktoral Jenderal Pembendaharaan DJPB Kalimantan Selatan menggelar audensi bersama dengan pemerintah daerah Kabupaten Tabalong, Senin 4 Maret 2024, di Balai Dandung Suchowardi.

Audensi dilakukan langsung Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pembendaharaan DPJB Provinsi Kalimantan Selatan, Syafriadi, bersama Bupati Tabalong Anang Syakhfiani.

Dalam audensi ini, Syafriadi memaparkan kinerja realisasi anggaran Pemerintah Kabupaten Tabalong dari berbagai sumber pada tahun 2023, seperti dana DBH, DAU, DAK fisik, DAK non fisik, dana desa, dan insentif fiskal.

Yang mana dari berbagai jenis dana tersebut, tercatat realisasi penyaluran dana alokasi khusus fisik masih belum terserap maksimal, yakni sekitar 91 persen.

Untuk itu, Syafriadi mendorong agar hal ini dapat menjadi perhatian khusus dari pemerintah daerah, sehingga ke depannya DAK fisik dapat terealisasi maksimal.

“Nah, tahun ini kita berharap seluruh pemenuhan persyaratan baik itu berkaitan dengan pelakunya ataupun pengelola pelaksanaan DAK fisik melalui pejabat, perbendaharaan, para pemilik kegiatan di semua dinas ini bisa siap. Paling tidak di bulan Maret ini siap dan yang kedua pemenuhan dari seluruh dokumen untuk bisa melaksanakan lelang bisa dipercepat kemudian pemenuhan dokumen yang lain sehingga pelaksanaan DAK fisik di tahun ini bisa meningkat dan kalau bisa 99 persen atau bahkan bisa menjadi 100 persen di tahun ini,” ujar Syafriadi, Kakanwil DJPB Provinsi Kalsel.

Baca Juga  Disdikbud Gelar FLS2N Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Tabalong

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani menyambut baik kedatangan tim DPJB Provinsi Kalsel. Ia pun mengungkapkan bahwa penyaluran DAK fisik akan menjadi perhatian khusus. Pasalnya, selain memaksimalkan serapan, hal ini juga berpengaruh pada nominal DAK fisik di tahun yang akan datang.

“Nah, oleh sebab itu, agar di tahun anggaran di 2024 ini dana DAK fisik ini bisa terserap lebih maksimal karena kami yakin memang ini berpengaruh kepada dana DAK fisik tahun yang akan datang. Kalau kinerjanya tidak maksimal pasti akan dikurangi ya,” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Diketahui, pada tahun 2024 seluruh jenis transfer daerah Kabupaten Tabalong yang bersumber dari dana APBN, berjumlah sekitar kurang lebih 2,1 triliun rupiah.

Dana ini pun diharapkan dapat disalurkan dengan cepat, sehingga manfaatnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment