Home Tabalong Hari Ini 36 Desa di Tabalong Belum Cairkan Dana Desa Tahap Pertama

36 Desa di Tabalong Belum Cairkan Dana Desa Tahap Pertama

by Muhammad Rais
0 comment

Kepala Kantor Wilayah Direktoral Jenderal Pembendaharaan atau DJPB Provinsi Kalimantan Selatan, Syafriadi, mendorong agar pemerintah Kabupaten Tabalong mengawal penyaluran dana desa tahap pertama. Pasalnya, dari seluruh desa masih terdapat puluhan desa yang belum mengajukan pencairan dana desa.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pembendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan, Syafriadi, saat usai mengikuti kegiatan audensi bersama dengan pemerintah daerah Kabupaten Tabalong pada Senin, 4 Maret 2024, di Balai Dandung Suchowardi.

Syafriadi menjelaskan, per 1 Maret 2024, tercatat dari 121 desa di Tabalong masih terdapat 36 desa yang belum mencairkan dana desa tahap pertama. Belum dicairkannya dana desa tersebut menurutnya terjadi lantaran masih belum lengkapnya dokumen persyaratan pengajuan yang disampaikan pemerintah desa.

Untuk itu, Syafriadi mendorong agar pemerintah daerah dapat memberikan dukungan dan komitmen dalam mengawal penyaluran dana desa, sehingga penyaluran dana desa tahap pertama dapat segera dituntaskan.

“Dan tadi saya memberikan salah satu harapan agar dimungkinkan, sangat dimungkinkan bahwa Tabalong itu bisa menjadi salah satu kabupaten yang tuntas pelaksanaan dana desa tahun 2024 yang pertama di seluruh Indonesia. Nah mudah-mudahan dengan komitmen bersama hal ini bisa kita laksanakan untuk mencapai salah satu prestasi kita di tahun 2024 ini,” ujar Syafriadi, Kakanwil DJPB Provinsi Kalsel.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Aidy Risyawal, mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan sejumlah desa yang belum mengajukan pencairan dana desa. Ia memastikan dalam waktu kurang lebih seminggu, penyaluran dana desa tahap pertama di Tabalong dapat dituntaskan.

Baca Juga  Pemkab Siapkan Bibit Karet Gratis untuk Program Peremajaan

“Insyaallah 100 desa kabupaten Tabalong 36 desa yang belum ini utamanya insyaallah di minggu ini akan kami selesaikan untuk penyaluran desa tahap 1 nya. Mohon doa mudah-mudahan nantinya dalam prosesnya diberikan kelancaran sehingga di awal bulan Maret ini seluruh desa sudah melaksanakan penyaluran tahap 1 dan sudah mulai melaksanakan realisasi kegiatan,” ujar Aidy Risyawal, Kabid DPMD Tabalong.

Diketahui sejumlah desa yang belum melakukan penyaluran dana desa berasal dari 6 kecamatan di Kabupaten Tabalong, yang tersebar di wilayah tengah dan utara.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment