Home Tabalong Hari Ini Tingkatkan Standar Pelayanan, Klinik Yusfina Kelua Jalani Akreditasi

Tingkatkan Standar Pelayanan, Klinik Yusfina Kelua Jalani Akreditasi

by Muhammad Rais
0 comment

Klinik Yusfina Kelua menjalani survei akreditasi oleh Tim Surveyor Lembaga Akreditasi Puskesmas, Klinik, dan Laboratorium Indonesia (LAPKLIN) selama dua hari, Sabtu 28 hingga Minggu 29 Oktober 2023. Klinik Yusfina merupakan klinik swasta pertama di Tabalong yang melakukan akreditasi.

Tim Survey LAPKLIN yang dipimpin oleh Dokter Muhammad Khadafi, dengan didampingi Aulia Abdussalam, melakukan survei langsung ke Klinik Yusfina Kelurahan Pulau, Kecamatan pada Minggu, 29 Oktober 2023.

Tim surveyor memeriksa langsung penyebaran pelayanan kesehatan, fasilitas, sarana, dan prasarana hingga dokumen administrasi pendukung pelayanan kesehatan yang ada.

Ketua Tim Surveyor LAPKLIN, Dokter Muhammad Khadafi, menjelaskan bahwa survei ini nantinya akan menjadi tolak ukur untuk mendapatkan predikat akreditasi. Dengan adanya akreditasi ini, diharapkan Klinik Yusfina dapat terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Jadi setelah dilakukan pengecekan ini, nanti akan keluar hasil surveinya. Itu ada paripurna, artinya nilainya di atas 80 semua. Kemudian ada madya, ada utama, ada dasar. Nah, diharapkan setelah keluar hasil ada peningkatan pelayanan dari klinik ini,” kata dr. Muhammad Khadafi, Tim Surveyor LAPKLIN.

Branch Manager Klinik Yusfina, Setyawan Andri Wibowo, menyatakan bahwa akreditasi yang mereka lakukan adalah sebagai bentuk komitmen mendukung program pemerintah untuk meningkatkan standar mutu pelayanan kesehatan.

“Nah, setiap pelayanan ada standar operasional prosedur atau SOP, nah itu yang kita dinilai. Jadi apa yang kita jalankan harus sesuai dengan SOP dibidang medis. Kita terkait dengan pelayanan itu harus menjaga mutu pelayanan. Terus yang terakhir, kenapa kita harus akreditasi, itu untuk mendukung program pemerintah dalam standar pelayanan mutu kesehatan diseluruh Indonesia,” kata Setyawan Andri Wibowo, Branch Manager Klinik Yusfina.

Baca Juga  Bupati Anang Minta Jajaran Pemkab Kompak Sukseskan Pembangunan

Sementara itu, Komisaris Klinik Yusfina, Maksum Dahlan, menyebutkan bahwa terlepas dari akreditasi yang dilakukan, pihak mereka akan berupaya untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan yang diberikan.

“Kedepannya pasti akan kami tingkatkan sesuai dengan misi kami, membangun sarana pelayanan kesehatan yang profesional dan diminati oleh masyarakat. Karena itu kita selalu berbenah diri dari segi sumber daya manusia, kemudian dari sarana dan prasarana juga akan kami perbaiki dan kami tambah,” kata Maksum Dahlan, Komisaris Klinik Yusfina.

Maksum Dahlan berharap dengan keberadaan Klinik Yusfina di Kelurahan Pulau, Kecamatan Kelua, ini dapat semakin mempermudah masyarakat, khususnya di wilayah selatan, untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Diketahui sebelumnya, pada Sabtu, 28 Oktober 2023, Tim Surveyor LAPKLIN turut melakukan survei akreditasi Klinik Yusfina secara daring.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment