Home Editor's Picks Tingkatkan Solidaritas, Porgosi Tabalong Gelar Lomba Balogo secara Swadaya

Tingkatkan Solidaritas, Porgosi Tabalong Gelar Lomba Balogo secara Swadaya

by tabalong hari ini
0 comment

Persatuan Olahraga Balogo Seluruh Indonesia Porgosi Tabalong menggelar Lomba Balogo pada Jumat malam, 14 April 2023 tadi. Lomba yang digelar swadaya ini bertujuan untuk meningkatkan solidaritas dan silaturahmi antar anggota Porgosi.

Bertempat di belakang GOR Pembataan, Lomba Balogo ini diikuti sejumlah pemain logo yang tergabung dalam Porgosi Tabalong.

Nampak antusias peserta terlihat saat masing-masing tim mulai memukul campa untuk melancarkan logo, dengan tujuan target yang telah dipasang secara berjejer, guna mengumpulkan point demi point.

Dijangkaang Lomba ini, para peserta memperebutkan juara mulai dari peringkat satu sampai dengan enam.

Berbagai hadiah hasil sumbangan sejumlah anggota disiapkan, mulai dari tas, baju, minyak, sirup, mie instan, dan berbagai sembako lainnya.

Ketua Persatuan Olahraga Balogo Seluruh Indonesia Porgosi Tabalong, Gusti Indra Setyawan, mengatakan tujuan utama dari pelaksanaan Lomba Balogo ini adalah untuk meningkatkan solidaritas atau kekeluargaan, serta melatih para anggota agar siap untuk bertanding pada event yang akan diselenggarakan pasca Ramadan mendatang.

“Dalam rangka silaturrahmi, istilahnya silaturahmi pada permainan balogoan Tabalong, walaupun kami swadaya, hadiah yang kami sediakan adalah sumbangan dari teman-teman atau donatur dari kawanan yang ikut serta melaksanakan Lomba Balogo ini, jadi alhamdulillah terlaksana dengan baik,” ujar Gusti Indra Setyawan, Ketua Porgosi Tabalong.

Baca Juga  Dishub Tabalong akan Siapkan Angkutan Gratis untuk Pemudik Lokal

Perwakilan pemenang juara satu Lomba Balogo, Amrullah atau AA, menilai kegiatan ini penting guna meningkatkan mental para pemain jelang bertanding di kancah yang lebih tinggi.

“Sebenarnya untuk kemampuan bermain logo, kalau kami pribadi tidak menyangka sama sekali bisa mencapai juara satu pada malam hari ini, karena kawan-kawan yang lain juga kemampuannya rata-rata di atas dari kemampuan kita, namun kita tetap bisa mengendalikan emosi, mengontrol emosi kita agar kita tetap bermain dengan tenang, karena kunci dari keberhasilan itu adalah pengendalian emosi,” kata Amrullah, perwakilan pemenang.

Berjalannya waktu, olahraga tradisional balogo mulai diminati masyarakat Tabalong, baik untuk mereka yang mengenang permainan jadul tersebut atau mereka yang baru mempelajarinya.

Tercatat hingga saat ini anggota Porgosi Tabalong mencapai 70 orang, mulai dari anak-anak, pemuda, dewasa, hingga lansia, baik laki-laki maupun perempuan.

(Gazali Rahman/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment