Home Tabalong Hari Ini Kini UPBD Miliki Jaminan Kecelakaan Kerja & Jaminan Kematian

Kini UPBD Miliki Jaminan Kecelakaan Kerja & Jaminan Kematian

by Muhammad Rais
0 comment

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tabalong menjalin kerjasama dengan PT Pertamina EP Tanjung dan BPJS Ketenagakerjaan Banjarmasin. Kerjasama ini untuk penanggulangan bencana dan diwujudkan dalam Nota Kesepahaman atau MOU.

Bupati Tabalong bersama Kepala Pelaksana BPBD Tabalong menandatangani Nota Kesepahaman atau MOU kerjasama dengan PT Pertamina Tanjung Field dan BPJS Ketenagakerjaan Banjarmasin pada tanggal 9 Oktober 2023 di halaman Pendopo Bersinar Pembataan. Kerjasama antara BPBD Tabalong dengan kedua BUMN ini bertujuan untuk memperkuat penanggulangan bencana di daerah.

MOU yang dikerjasamakan dengan PT Pertamina Tanjung Field berupa bantuan air bersih. Sementara kerjasama yang dijalinkan BPBD Tabalong dengan BPJS Ketenagakerjaan Banjarmasin berupa jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian bagi UPBS di Tabalong.

“Jadi kalau ada bencana di wilayah Kabupaten Tabalong, baik itu bencana kekeringan, bencana kebakaran, maupun bencana banjir, maka dalam rangka memenuhi kebutuhan air bersih, Pertamina akan memberikan dukungan terhadap ketersediaan air bersih tersebut, dan BPBD yang akan menyuplai kepada masyarakat yang memerlukan atau meminta air bersih tersebut,” kata Haris Fakhrozi, Kepala Pelaksana BPBD Tabalong.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, mengapresiasi kerjasama yang dijalinkan BPBD Tabalong dengan PT Pertamina maupun BPJS Ketenagakerjaan. Dia menilai kerjasama ini merupakan kemajuan dalam hal penanggulangan bencana di daerah.

“Ini berarti bahwa kita selangkah lagi lebih maju dalam upaya penanggulangan bencana. Sebelumnya kita tidak pernah membayangkan ada support yang begitu bagus dari Pertamina dan BPJS,” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Baca Juga  Hari Kesadaran Nasional, Ketua PN Tanjung Ingatkan ASN Terapkan Budaya Disiplin

Dalam perjanjian ini, BPBD Tabalong menganggarkan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian bagi 330 orang relawan UPBS di Tabalong. Hal ini dilakukan agar relawan UPBS yang menjadi garda depan penanggulangan bencana memiliki perlindungan.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment