Home Editor's Picks Hunting Arsip Jadi Cara Dispersip Buka Jaringan Sejarah Tabalong

Hunting Arsip Jadi Cara Dispersip Buka Jaringan Sejarah Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong, melalui Bidang Pengelolaan, Perlindungan dan Penyelamatan Arsip, di Tahun 2023 kembali memulai kegiatan penelusuran arsip melalui Hunting Arsip tentang kesejarahan di Kabupaten Tabalong.

Kegiatan Hunting Arsip Tahun 2023 ini diawali dengan penelusuran arsip sejarah Kubah Datu Abi, yang berlokasi di RT 3, Desa Sungai Rukam 2, Kecamatan Pugaan, pada 20 Februari 2023. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan simpul jaringan.

Di dalam kegiatan simpul jaringan tersebut terdapat jaringan sistem informasi kearsipan nasional atau SIKN dan jaringan informasi kearsipan nasional atau JIKN, yaitu program arsip statis yang diluncurkan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia, dimana masing-masing daerah akan menelusuri dan mengekspos tentang kesejarahan tersebut, kemudian ANRI akan membuka situs jaringan tersebut untuk diketahui oleh dunia.

Kepala Bidang Kearsipan Dispersip Tabalong, Rahma Norita mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan mampu membuka jaringan-jaringan sejarah yang ada di Tabalong, sehingga dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Tabalong.

“Dengan adanya itu kami berharap, apa-apa kesejarahan yang ada di Kabupaten Tabalong bisa terangkat dan dunia pun juga mengetahui, yang mana nanti nya orang berkeinginan berkunjung ke Kabupaten Tabalong melalui situs-situs yang ada di Kabupaten Tabalong, melalui hunting arsip yang kami suplai ke dalam aplikasi SIKN – JIKN Nasional,” kata Rahma Norita.

Baca Juga  Bupati Apresiasi Konsistensi Warga Kelua Gelar Pawai Tanglong

Hunting Arsip di Wilayah Selatan, khususnya Kecamatan Pugaan merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan, kemudian hunting arsip ini nantinya juga akan menyebar ke beberapa kecamatan yang memiliki situ kesejarahan yang dapat dimuat di dalam arsip statis Kabupaten Tabalong.

Muhammad Ariadi, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment