Home Tabalong Hari Ini PK2D Jadi Tolak Ukur Basis Perencanaan DP3AP2KB Tabalong

PK2D Jadi Tolak Ukur Basis Perencanaan DP3AP2KB Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Kepala DP3AP2KB Tabalong Rusmadi menyebut pembinaan dan evaluasi desa pelaksana PK2D tingkat kabupaten menjadi tolak ukur basis perencanaan DP3AP2KB. Pasalnya, PK2D merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan keluarga yang berkesetaraan gender dan pemenuhan hak anak di Tabalong.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana DP3AP2KB Tabalong Rusmadi yang ditemui pada Jumat, 15 Maret 2024, di ruang kerjanya.

Rusmadi menjelaskan pembinaan dan evaluasi desa pelaksana peningkatan kualitas keluarga daerah, atau PK2D tingkat kabupaten Tabalong, bukan sekadar menjaring satu desa terbaik dari 12 desa perwakilan setiap kecamatan untuk mewakili Kabupaten Tabalong ke tingkat provinsi Kalimantan Selatan.

Pembinaan dan evaluasi desa pelaksana PK2D menjadi tolak ukur basis perencanaan dan indikator keberhasilan pembangunan keluarga yang berkesetaraan gender dan pemenuhan hak anak.

Hal ini, menurutnya, dilakukan sebagai upaya meningkatkan derajat manusia, khususnya dalam memberdayakan keluarga melalui pelatihan-pelatihan.

“Kita kan selalu setiap tahun memberikan pelatihan kepada para perempuan-perempuan yang ada di desa untuk mendapatkan keterampilan yang nantinya akan menjadikan mereka terampil dalam hal pembuatan seperti kue kering, dll, yang akhirnya mendapatkan penghasilan keluarga, mendapatkan tambahan penghasilan keluarga selain penghasilan suaminya,” ujar Rusmadi, Kepala DP3AP2KB Tabalong.

Baca Juga  Dewan Harap Pergeseran dan Promosi Pejabat Jadi Momen Peningkatan Kinerja

Pembinaan dan evaluasi desa pelaksana PK2D tingkat kabupaten Tabalong dilakukan dari tanggal 23 Februari sampai dengan 5 Maret 2024. Nilai terbaik diraih Desa Manduin, Kecamatan Muara Harus, yang selanjutnya dijadwalkan mengikuti penilaian tingkat provinsi Kalimantan Selatan pada bulan Mei hingga Juni tahun 2024.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment