Home Tabalong Hari Ini Desa Manduin Pelaksana PK2D Terbaik Tingkat Kabupaten Tabalong

Desa Manduin Pelaksana PK2D Terbaik Tingkat Kabupaten Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

DP3AP2KB Tabalong melakukan pembinaan dan evaluasi desa pelaksana PK-Dua-D tingkat kabupaten Tabalong tahun 2024. Diharapkan desa pelaksana PK2D dapat terus berkontribusi dan berperan aktif mewujudkan masyarakat sejahtera dan mandiri.

Pembinaan dan evaluasi desa pelaksana peningkatan kualitas keluarga daerah, PK2D tingkat kabupaten Tabalong, dilakukan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana DP3AP2KB Tabalong, dari tanggal 23 Februari sampai dengan 5 Maret 2024.

Pembinaan dan evaluasi desa pelaksana PK2D diikuti 12 desa, yang sudah ditunjuk mewakili setiap kecamatan.

Berdasarkan hasil pembinaan dan evaluasi tersebut, nilai terbaik diraih Desa Manduin, Kecamatan Muara Harus. Selanjutnya, Desa Manduin akan kembali dinilai sebagai desa pelaksana PK2D tingkat provinsi Kalimantan Selatan, yang dijadwalkan bulan Mei hingga Juni tahun 2024.

Kepala DP3AP2KB Tabalong, Rusmadi, yang ditemui pada Jumat, 15 Maret 2024, berharap desa pelaksana PK2D bukan hanya mencari simbol kemenangan, melainkan agar seluruh desa lebih maju, baik dari segi SDM maupun taraf hidup masyarakat.

“Nah, tentunya kita berharap ini nantinya bisa mengharumkan nama desa, kecamatan, dan kabupaten. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah dapat terus berkontribusi dan berperan aktif mewujudkan masyarakat sejahtera dan mandiri,” ujar Rusmadi, Kepala DP3AP2KB Tabalong.

Diketahui, penilaian evaluasi desa pelaksana PK2D tingkat kabupaten Tabalong berdasarkan 29 indikator yang termuat dalam 5 dimensi, yaitu dimensi kualitas keluarga dan legalitas struktur, dimensi kualitas ketahanan fisik, dimensi kualitas ketahanan ekonomi, dimensi kualitas ketahanan sosial psikologis, serta dimensi kualitas ketahanan sosial budaya.

Baca Juga  Camat Tanjung Harap Dana Desa Diarahkan Dukung RKPD 2024 Tabalong

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment