Home Tabalong Hari Ini Lomba PBB Meriahkan HUT RI Ke-77 di Tabalong

Lomba PBB Meriahkan HUT RI Ke-77 di Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 Tahun, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tabalong menggelar lomba gerak jalan dan pasukan baris-berbaris, di Halaman Pendopo Bersinar Pembataan pada 13 Agustus 2022. Lomba ini diikuti perwakilan dari 13 sekolah tingkat SLTP dan 6 sekolah tingkat SLTA, dimana setiap regu diisi 13 orang.

Kabid Pembinaan SMP Disdikbud Tabalong, Sutimbul mengatakan, kegiatan gerak jalan dan lomba PBB ini untuk memberikan inspirasi kepada siswa, membentuk sikap disiplin, dan untuk mempersiapkan anggota Paskibraka di tahun selanjutnya.

“Nah pertama memberikan inspirasi ya kepada anak-anak kita, karena lomba PBB itu identik dengan keterampilan baris berbaris instansi Polisi TNI. Ya supaya anak-anak terinspirasi berminat nantinya bisa mempunyai cita-cita menjadi Anggota Polisi maupun TNI dan juga program baris berbaris inikan membentuk disiplin anak gitu ya,” kata Sutimbul.

Kriteria penilaian dari lomba PBB ini meliputi 42 gerakan peraturan baris berbaris, seperti gerakan PBB dasar ditempat maupun gerakan PBB dasar berjalan. Sedangkan untuk formasi dan variasi setiap regu tidak menjadi penilaian pada kegiatan kali ini, untuk mengetahui pengetahuan setiap peserta dalam PBB.

“Baik, untuk kegiatan lomba peraturan baris berbaris Tahun 2022 ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, untuk kriteria penilaian nya itu meliputi dari gerakan PBB dasar ditempat, gerakan PBB dasar berjalan, dan untuk kegiatan formasi dan variasinya untuk saat ini tidak kita laksanakan karena mengejar sejauh mana mereka sudah ter edukasi tentang peraturan baris berbaris,” tutur Oky Satriyane selaku Dewan Juri.

Baca Juga  DWP Kemenag Tabalong Gelar IVA Test & Sadanis

Pada kegiatan ini SMA Negeri 1 Tanjung berhasil meraih juara pertama pada lomba tingkat SLTA Sederajat, dan SMP Negeri 3 Murung Pudak meraih juara pertama tingkat SLTP Sederajat. Dilanjutkan dengan Danton terbaik tingkat SLTA diraih oleh SMA Negeri 1 Tanjung, dan Danton terbaik tingkat SLTP diraih SMP Negeri 2 Muara Uya.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment