Bupati Anang Minta BPD Dan Kades Berjalan Harmonis

by tabalong hari ini
0 comment

Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia, Pabpdsi Kabupaten Tabalong menggelar rapat koordinasi daerah kelima, pada Rabu 10 Agustus 2022, di tempat Wisata Riam Bidadari, Desa Lumbang, Kecamatan Muara Uya. Dalam Rakorda Pabpdsi ini, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, berkesempatan memberikan arahan.

Bupati Anang menyampaikan, hubungan kemitraan yang harmonis antara BPD dengan kepala desa, mutlak harus dapat diwujudkan. Namun ia menekankan, hubungan harmonis tak harus selalu memiliki persepsi yang sama. Karena untuk menjalankan pembangunan dengan persepsi sama memerlukan biaya besar.

“Dalam hal-hal tertentu kita harus berbeda, tetapi berbeda untuk mencari yang terbaik. Berbeda untuk mencari yang benar. Dan Alhamdulillah disikapi oleh teman-teman anggota DPRD. Nah akhirnya kita saling mengontrol dan mengingatkan.” tutur Anang.

Bupati Anang menambahkan, saat ini BPD sedang mencari identitas diri seperti ruang perkantoran, fasilitas transportasi, hingga kenaikan gaji. Akan tetapi Bupati Anang mengingatkan, sebagaimana aturan berlaku satu-satunya sumber pendanaan untuk BPD ialah 30 persen dari Alokasi Dana Desa.

Oleh karena itu, Bupati Anang mengajak seluruh BPD untuk bersama-sama meningkatkan pendapatan asli daerah melalui PBB-P2, pasalnya 10 persen ADD bersumber dari dana perimbangan PBB-P2. Jika ADD meningkat, maka secara otomatis pendanaan untuk BPD juga meningkat.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment