Home Tabalong Hari Ini Dinkes Minta Kelurahan dan Desa Bersiap Ikuti Lomba Kawasan Bebas Jentik 2023

Dinkes Minta Kelurahan dan Desa Bersiap Ikuti Lomba Kawasan Bebas Jentik 2023

by Muhammad Rais
0 comment

Untuk menekan penyebaran penyakit demam berdarah dengue, Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong akan menggelar Lomba Kawasan Bebas Jentik tahun 2023. Lomba tersebut ditujukan untuk seluruh kelurahan dan desa di Kabupaten Tabalong dalam upaya menekan penyebaran penyakit demam berdarah.

Dinas Kesehatan Tabalong mempersiapkan Lomba Kawasan Bebas Jentik tahun 2023, salah satunya melalui rapat koordinasi lintas sektor yang digelar pada 11 Oktober 2023 di Mabuun.

Rencananya, Lomba Kawasan Bebas Jentik tahun 2023 akan dilaksanakan awal November 2023 dan akan diikuti oleh kelurahan dan desa di Tabalong. Panitia akan melakukan seleksi tingkat kecamatan, sehingga desa terbaik akan diusulkan untuk dinilai pada tingkat kabupaten.

Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, Dokter Taufiqurrahman Hamdie, menjelaskan bahwa lomba ini merupakan upaya Dinkes dalam menanggulangi DBD dengan sistem pemberdayaan masyarakat agar lebih efektif.

“Tujuannya adalah kita ingin memasyarakatkan kembali kawasan bebas jentik, jadi otomatis dengan masyarakat yang dinilai dengan LKBJ dia akan terbiasa untuk memelihara lingkungannya agar bebas jentik. Nah itu efek tidak langsungnya, nah dengan adanya lomba ini masyarakat akan terberdayakan secara tidak langsung, ya kalau ini bisa diterapkan di seluruh kawasan di Kabupaten Tabalong akan menjamin bahwa Tabalong itu bebas DBD.” ujar dr. Taufiqurrahman Hamdie, Kepala Dinas Kesehatan Tabalong.

Baca Juga  Beruang Liar Serang Warga Kinarum, KPH Identifikasi Keberadaan Beruang

Dokter Taufiqurrahman Hamdie menambahkan bahwa saat ini kawasan yang masih rawan terhadap penularan penyakit demam berdarah dengue ini masih berada di kawasan perkotaan. Namun, tidak menutup kemungkinan juga terjadi di wilayah desa karena tingkat mobilitas penduduk yang semakin tinggi.

(Dano Nafarin/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment