Proyek Prioritas Pemprov Kalsel Di Tabalong Diharap Mampu Tingkatkan Sektor Pertanian

by tabalong hari ini
0 comment

Bupati Tabalong dan jajaran dibawahnya membahas proyek pembangunan Kinarum bersama Staf Khusus Gubernur Kalimantan Selatan pada 4 Agustus 2022. Bendungan Kinarum sendiri merupakan salah satu proyek prioritas Pemprov Kalsel yang ada di Tabalong.

Dalam kesempatan ini Bupati Anang menyampaikan potensi hasil beras Tabalong. Dengan kondisi normal Kabupaten Tabalong tercatat dapat menghasilkan 70 ribu ton beras pertahun. Bupati Anang memperkirakan, dengan dibangunnya Bendungan Kinarum, maka produksi beras Tabalong akan meningkat. Pasalnya Bendungan Kinarum diperkirakan dapat mengairi sekitar seribu hektar sawah.

 “Nah target kita disitu sekitar seribu sawah akan di airi, jadi kalau Bendungan Kinarum ini sudah tuntas termasuk tadi saluran-saluran nya kalau kita asumsikan seribu aja kalau tanam dua tahun sekali pak, sudah berapa,” ujar Anang Syakhfiani.

Bupati Anang menambahkan, selain dari Bendung Kinarum, dirinya juga mengusulkan terkait potensi Bendung Jaro dua dan Lebak Ampukung, yang mampu mengairi puluhan ribu hektar sawah masyarakat Tabalong. Ia menilai, Tabalong merupakan kabupaten yang patut diperhitungkan lebih oleh provinsi Kalimantan Selatan, sebagai penyandang Ibu Kota Negara, terutama dari hasil pertanian.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment