Percepat Vaksinasi Covid-19, Dinkes Distribusikan Vaksin ke Puskesmas

by tabalong hari ini
0 comment

Upaya percepatan cakupan vaksinasi COVID-19 khususnya booster terus digencarkan Dinas Kesehatan Tabalong. Untuk mensukseskan hal tersebut Dinkes mendistribusikan puluhan ratusan dosis vaksin untuk sejumlah puskesmas.

Sebanyak 75 vial vaksin berjenis Pfizer dan Zivifax dari total sebanyak 190 vial vaksin COVID-19 yang tersedia di Dinas Kesehatan Tabalong telah di distribusikan ke 6 puskesmas yang ada di Tabalong.

Sebanyak masing-masing 15 vial vaksin di distribusikan untuk Puskesmas Hikun, Mabuun dan Kelua sedangkan Puskesmas Haruai, Wirang dan Jaro mendapat alokasi masing-masing 10 vial vaksin Covid-19.

Selain di 6 puskesmas tersebut, vaksin COVID-19 juga dialokasikan di Covid Center RSUD Haji Usman Dundrung Tanjung.

Sub Koordinasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Tabalong, Budi Gunawan saat ditemui di Covid Center Rabu 25 Januari 2023 mengatakan , distribusi vaksinasi di sejumlah Faskes dilakukan , agar upaya percepatan vaksinasi COVID-19 khususnya booster 1 dan 2 di Tabalong semakin maksimal .

“Untuk yang sudah ada kami distribusikan yaitu ke Covid Center, dan beberapa puskesmas itu sekitar 75 vial untuk saat ini. Nah untuk di puskesmas nanti kita ada berjadwal, artinya kita mengumpulkan orang dulu sekira banyak yang sudah mau vaksin, sesuai dengan vialnya, baru kita laksanakan dijadwalkan,” ujarnya.

Budi menambahkan, pelayanan vaksinasi secara langsung dapat dilakukan di Covid Center RSUD Haji Usman Dundrung Tanjung mulai pukul 8.30 hingga 11.30 setiap hari kerja , sedangkan di Puskesmas Hikun, Mabuun, Kelua, Haruai, Wirang, dan Jaro masyarakat dapat ber vaksin COVID-19 dengan mendaftar terlebih dulu.

Berdasarkan data Dinkes Tabalong, hingga 24 Januari 2023, capaian vaksinasi dosis pertama ialah 83,42 persen, dosis kedua 67,07 persen, dosis ketiga 29,05 persen, dan dosis keempat 6 koma 34 persen.

Alfi Syahrin, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment