Rakor Persiapan Verifikasi Faktual KPU Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Tabalong, Pebriadin Hapiz membuka rapat koordinasi persiapan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta pemilu tahun 2024, yang dilaksanakan KPU Tabalong, pada 15 Oktober 2022, di Hotel Jelita Tanjung.

Rakor ini turut diikuti puluhan perwakilan anggota partai politik yang tersebar di Tabalong. Beberapa langkah-langkah yang dilakukan KPU Tabalong dalam melaksanakan verifikasi seperti, kunjungan ke kantor utama atau sekretariat parpol, verifikasi keanggotaan, pemberkasan, dan lain sebagainya.

Asisten Pemerintahan dan Kesra, Pebriadin Hapiz menuturkan, Pemkab Tabalong siap mendukung pelaksanaan pemilu 2024 mendatang. Dirinya juga berharap ketentuan yang diputuskan KPU dapat bersikap adil dan netral, dalam melakukan wewenangnya dalam setiap tahapan. Sehingga pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan baik sesuai aturan.

“Harapan kita semua agar pelaksanaan pemilu benar-benar dilaksanakan dengan ketentuan peraturan yang berlaku dan tanggung jawab besar terutama sebagai penyelenggara pemilu dan pengawas pemilu, maupun partai politik yang akan berpartisipasi dalam pesta demokrasi tahun ini,” harap Pebriadin Hapiz.

Ketua KPU Tabalong, Ardiansyah mengatakan, rapat koordinasi dilakukan agar tidak terjadi kesalahan informasi yang didapat partai politik di Tabalong. Baik dari segi ketentuan, mekanisme dan lain sebagainya, terkait verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta pemilu tahun 2024.

“Hal ini harapan kita dengan kegiatan ini tidak ada miss ataupun tidak tau informasi terkait dengan mekanisme pelaksanaan itu yang pertama, yang kedua kami juga berharap ada sinergisitas antara KPU, Bawaslu, kemudian lalu partai politik sebagai nanti yang akan kami verifikasi vaktual sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tutur Ardiansyah.

Ardiansyah menambahkan, rapat koordinasi kali ini merupakan tahapan penting, karena terdapat beberapa perubahan ketentuan yang diperbaharui. Salah satunya sampel keanggotaan. Jika di pemilu sebelumnya sampel keanggotaan hanya sebesar kurang lebih 10%, kini angka tersebut meningkat menjadi 50% lebih. Dirinya berharap seluruh undangan rakor dapat bersinergi dengan baik, agar pelaksanaan verifikasi sesuai dengan harapan bersama.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment