Home Editor's Picks Pedagang Keliling Senang Ikut Program “Julak Wasi”

Pedagang Keliling Senang Ikut Program “Julak Wasi”

by tabalong hari ini
0 comment

Salah satu pedagang sayur keliling yang memperoleh program Julak Wasi (Ojek jual sayur, ikan, sembako, kawal inflasi) ialah Bahrani, warga Kelurahan Agung, Kecamatan Tanjung. Terpantau pada Selasa 22 November 2022, kini Bahrani berjualan sayur keliling dengan difasilitasi helm dan jaket Julak Wasi, payung besar, serta pengeras suara yang menjadi ciri pedagang Julak Wasi. Sedangkan bantuan keranjang dagangan baru dalam tahap pembuatan.

Selain fasilitas penunjang, Bahrani juga menerima uang subsidi untuk menekan harga dagangan sayur nya, serta gula dan minyak goreng bersubsidi. Subsidi berupa uang tunai dan bahan sembako ini, menjadi salah satu upaya Pemkab Tabalong mengendalikan inflasi daerah.

“Ada sembako 2 macam, gula sama minyak. (kalo sembako gula minyak itu langsung dari pemerintahnya kah atau subsidi hargakah jua?) Langsung dari pemerintah. Ya mudah-mudahan dengan adanya inovasi ini untuk sementara inikan, mungkin yang tahun datang bisa dilanjutkan kembali,” ucapnya.

Sementara itu, pedagang sayur keliling dari Kambitin Raya, Suwito mengaku, bersyukur memperoleh bantuan dari Pemkab Tabalong, melalui inovasi Julak Wasi. Ia pun berharap, bantuan yang diterima khususnya pengeras suara, akan berdampak terhadap penghasilannya.

“Inshaallah akan meningkat. Dengan adanya inikan kita kada usah mehiyau orang lagi. Pakai ini langsung orangnya kan datangan,” ujarnya.

Inovasi Julak Wasi diprogramkan hingga Desember 2022, dengan merangkul 70 pedagang sayur dan ikan keliling, yang menyasar wilayah perkotaan. Namun tidak menutup kemungkinan program ini akan berlanjut hingga Tahun 2023, dan menyasar masyarakat pedesaan.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Baca Juga  Izin Tambang Diperpanjang, DPRD Tabalong Tagih Komitmen Adaro

Related Articles

Leave a Comment