Memelihara Hewan Berdampak Positif Bagi Kesehatan Mental

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Bagi sebagian orang mempunyai hewan peliharaan merupakan hal yang menyenangkan, namun tidak sedikit pula yang merasa kerepotan dengan hewan peliharaan. Pasalnya banyak hal yang harus diperhatikan ketika memelihara hewan. Seperti menyediakan tempat yang nyaman, menyediakan makanan, serta harus membersihkan tubuh hingga kotorannya.

Meski tidak mudah, namun ternyata memelihara hewan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Menurut berbagai penelitian, memelihara hewan adalah cara yang baik untuk mengurangi kecemasan atau stress. Pasalnya seekor hewan peliharaan bisa menjadi sumber kenyamanan, persahabatan, dan motivasi bagi pemiliknya. Selain itu memelihara hewan mampu mengurangi depresi, membantu bersosialisasi, mengurangi kesepian, dan lain sebagainya.

Dokter spesialis kedokteran jiwa, Tri Anny rakhmawati menjelaskan, memelihara hewan mampu mengurangi kecemasan dan stress, karena melakukan kegiatan yang menyenangkan dapat meningkatkan hormon kebahagiaan dan dapat menurunkan hormon stress. Tri anny menegaskan menjalankan hobi atau kegemaran apapun yang disukai dapat mengurangi kesecamasan dan depresi.

“tidak semua orang suka binatang jadi yang paling penting disini adalah hobi untuk individu beda-beda ya. Jadi hobi atau melakukan kegiatan yang berbeda dari rutinitas yang selama ini dilkaukan terus kegiatan itu menyenangkan maka kegiatan yang menyenangkan ini macam-macam nih kegiatan yang menyenangkan tidak hanya memelihara hewan, mungkin ada yang bersepeda, memilih olahraga ada yang memilih baca buku, mendengarkan music, intinya kegiatan yang menyenangkan itu akan meningkatkan hormone kebahagiaan dan menurunkan level hormone stress disitu bisa mengurangi kecemasan dan depresi” Kata dr. Tri Anny Rakhmawati, Sp.KJ , Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa.

Tri Anny menambahkan, apapun kegiatan positif yang dilakukan tiap individu, sebisa mungkin dapat bertanggung jawab akan kegiatan tersebut. Misalkan kegiatan memelihara hewan peliharaan, maka si pemilik harus bertanggung jawab untuk merawat dan menyayangi hewan tersebut sepenuh hati. (Nova Arianti).

Related Articles

Leave a Comment