Home Editor's Picks Optimalkan Pasar Agribisnis, Pemkab Tabalong Akan Kumpulkan Pengepul dan Pedagang Besar

Optimalkan Pasar Agribisnis, Pemkab Tabalong Akan Kumpulkan Pengepul dan Pedagang Besar

by tabalong hari ini
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong berupaya untuk menghidupkan pasar agribisnis yang ada di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Haruai. Berbagai upaya dilakukan Pemkab Tabalong, salah satunya yakni akan dilakukan rencana kerjasama antara para pengepul dan pedagang besar yang ada di Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah untuk dapat bertransaksi di pasar agribisnis.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Tabalong, Syam’ani, dalam sambutannya saat pertemuan di pasar agribisnis dengan Wakil Ketua DPRD Tabalong dan Komisi 2 DPRD Tabalong, serta SKPD terkait dan Pemerintah Desa Kembang Kuning pada Rabu, 10 Mei 2023.

Selaku leading sektor, Syam’ani menuturkan bahwa Diskop UKM Perindag Tabalong akan mengarahkan para pengepul dan para pedagang besar untuk dapat bertransaksi untuk membeli hasil pertanian para petani Tabalong secara terpusat di pasar agribisnis.

Rencana tersebut pun diharapkannya dapat segera terealisasi dalam waktu dekat.

“Jadi pada saat ini kawan-kawan kita sedang melakukan inventarisasi pedagang pengepul yang aktif, kemudian kita saat ini juga sedang melakukan komunikasi dengan para pedagang besar yang ada di Kalimantan Timur dan di Kalimantan Tengah supaya mereka bisa bekerjasama dengan para pedagang pengepul yang ada di sini untuk membeli barang-barang yang ada di pasar agribisnis Kembang Kuning ini. Dan dalam waktu dekat kami akan melakukan pertemuan dengan pengepul dan pedagang besar tadi supaya ini bisa kita realisasikan dalam waktu yang tidak terlalu lama,” ujar Syam’ani, Kepala Diskop UKM Perindag Tabalong.

Baca Juga  Lulus 100%, 248 Siswa Kelas 12 SMANTA Dikukuhkan

Syam’ani menambahkan, selain kerjasama tersebut, rencananya di area lahan kosong yang belum dimanfaatkan yang ada di pasar agribisnis ini akan ditanami berbagai macam produk hortikultura baik buah maupun sayur dengan konsep agrowisata. Hal tersebut diyakini dapat menarik masyarakat untuk datang berkunjung ke pasar agribisnis Kembang Kuning.

(Nova Arianti/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment