Home DPRD Komisi II DPRD Tabalong Tinjau Pasar Agribisnis

Komisi II DPRD Tabalong Tinjau Pasar Agribisnis

by tabalong hari ini
0 comment

Komisi II DPRD Kabupaten Tabalong melakukan pertemuan dengan pihak terkait untuk meninjau pasar agribisnis di Desa Kembang Kuning pada Rabu, 10 Mei 2023. Pertemuan ini untuk mencari solusi agar keberadaan pasar agribisnis bisa dimanfaatkan dan dapat menjadi tempat transaksi jual beli hasil produk pertanian para petani di Kabupaten Tabalong.

Pertemuan sekaligus tinjauan di pasar agribisnis Desa Kembang Kuning ini dilakukan oleh Komisi II DPRD Tabalong bersama Wakil Ketua Satu dan Dua DPRD Tabalong Jurni dan Habib Muhammad Taufani Alkaf, dan didampingi Dinas Koperasi UKM Perindag Tabalong, Disbunnak Tabalong, dan DKPPTPH Tabalong, serta pemerintah Desa Kembang Kuning dan pengelola pasar agribisnis.

Tinjauan ini dilakukan dalam rangka untuk mengoptimalkan pemanfaatan pasar agribisnis yang saat ini dinilai belum aktif.

Ketua Komisi II DPRD Tabalong melalui Wakil Ketua Komisi II DPRD Tabalong, Mursalin, menginginkan agar pemerintah daerah Tabalong membuat sebuah aturan agar para pedagang besar dapat bertransaksi di pasar agribisnis Kembang Kuning dan tidak lagi langsung ke para petani.

“Makanya untuk pemerintah itu memberi support yang sebenarnya bagaimana kalau saat ini kan kendala untuk pedagang datang kesini dan pembeli datang kesini itu memang ada suatu kendala. Kendala yang utama itu saat ini pembeli-pembeli yang dari luar kota langsung masuk ke petani jadi kalau bisa sedikitnya untuk memotong rantai itu pemerintah daerah harus ambil andil mungkin apakah ada penyetopan kalau mau beli nanti ditempatkan suatu wadah tidak lagi langsung ke petani,” ujar Mursalin.

Baca Juga  Nenek Nursimah Petani Asal Haruai Bersyukur Rumahnya Akan Dibedah

Mursalin menambahkan, sebagai legislatif pihaknya siap men support dari segi anggaran, sehingga diharapkan pasar agribisnis ini dapat berjalan sesuai dengan harapan pemerintah daerah, terlebih pasar agribisnis ini dapat menunjang Kabupaten Tabalong sebagai penyokong IKN terutama di sektor pangan.

(Nova Arianti/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment