Home Hewan Disbunnak Sediakan Vaksin Rabies Gratis

Disbunnak Sediakan Vaksin Rabies Gratis

by tabalong hari ini
0 comment

Menanggapi kasus rabies yang saat ini marak terjadi di sejumlah wilayah yang ada di Indonesia, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong menyediakan program vaksinasi rabies gratis bagi hewan peliharaan.

Pelayanan vaksinasi rabies gratis bagi hewan peliharaan diberikan Disbunnak Tabalong melalui bidang Kesehatan Hewan dan KESMAVET, khususnya UPTD Puskeswan Tabalong mulai 22 Juni 2023.

Berbagai jenis hewan yang rentan terkena rabies seperti anjing, kucing, monyet, dan juga musang menjadi sasaran pemberian vaksinasi rabies gratis ini.

Total sebanyak 1.500 dosis vaksin rabies disiapkan Disbunnak Tabalong, di mana 500 dosis di antaranya telah disuntikkan ke hewan peliharaan masyarakat di wilayah Upau dan Warukin.

Sementara itu, 1.000 dosis lainnya akan dialokasikan bagi hewan peliharaan yang ada di wilayah perkotaan Tabalong.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan KESMAVET Disbunnak Tabalong, Dokter Hewan Suwandi, menjelaskan bahwa pemberian vaksinasi rabies gratis ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kasus rabies di Kabupaten Tabalong. Pasalnya, saat ini kasus rabies banyak terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia hingga memakan korban jiwa.

“Mengingat apa akhir akhir ini ya kasus rabies itu sudah merebak ya dan kita liat ada di kalimantan tengah dan kalimantan barat sudah memakan korban jiwa. dimana penyakit rabies ini kita ketahui bersama adalah penyakit yang bisa menular dari hewan ke manusia. Oleh sebab itu sebagai wujud kita dalam melakukan upaya pencegahan penyakit rabies ini kita laksanakan vaksinasi gratis untuk masyarakat Kabupaten Tabalong,” ujar drh. Suwandi, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan KESMAVET Disbunnak Tabalong.

Baca Juga  Bupati Anang: SMKS Tabalong Berperan Majukan Tabalong

Suwandi menambahkan bahwa bagi masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi rabies gratis untuk hewan peliharaannya dapat langsung mendatangi UPTD Puskeswan yang ada di kantor Disbunnak Tabalong selama hari kerja.

Untuk mendapatkan vaksin tersebut, Suwandi meminta pemilik harus memastikan hewan dalam kondisi sehat, berumur minimal 2 bulan, dan tidak sedang hamil.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment