Home Editor's Picks Waspada dan Kenali Tanda Hewan Terinfeksi Rabies

Waspada dan Kenali Tanda Hewan Terinfeksi Rabies

by tabalong hari ini
0 comment

Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan kesayangan seperti kucing maupun anjing, penting sekali untuk mengenali gejala rabies yang mungkin bisa menyerang hewan kesayangan Anda. Pasalnya, dengan mengenali ciri dan deteksi dini, hewan yang terkena rabies dapat segera tertangani.

Rabies sendiri merupakan penyakit menular akut yang menyerang susunan saraf pusat yang disebabkan oleh Lyssavirus yang dapat menular melalui cakaran, gigitan, atau pun jilatan pada kulit yang luka.

Umumnya, hewan yang berisiko terkena penyakit rabies adalah hewan liar atau hewan yang belum divaksinasi rabies.

Dijelaskan Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan KESMAVET Disbunnak Tabalong, Dokter Hewan Suwandi, ada beberapa ciri hewan terinfeksi rabies yang dapat dikenali, mulai dari perubahan fisik hingga perubahan sikap hewan peliharaan.

“Yang pertama tidak mau makan, yang kedua agresivitas, yang biasanya kita panggil jinak yang saying dengan kita, dia kalau kita panggil dia tidak merespon lagi dan tidak kenal dengan tuannya. Yang ketiga dia mengigit-gigit apapun benda yang ada di sekitarnya, terutama benda-benda yang bergerak. Yang keempat dia mengeluarkan air liur di mulutnya itu, nah tahap itu lah tahap yang paling bahaya,” ungkap drh. Suwandi, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan KESMAVET Disbunnak Tabalong.

Suwandi pun menambahkan, bagi masyarakat yang menemukan hewan rabies atau mendapati hewan peliharaannya menunjukkan gejala rabies, agar dapat segera melaporkan ke pihak Disbunnak Tabalong, agar penanganan dan pencegahan penularan rabies dapat dilakukan dengan cepat. Mengingat penyakit rabies dapat menular ke manusia bahkan berisiko terjadinya kematian.

Baca Juga  Jamaah Langgar Baiturrahman Peringati Isra Mi’raj & Haul Ke 18 Guru Sekumpul

Berdasarkan data Disbunnak Tabalong tahun 2023, terdapat 5 kasus hewan anjing yang terindikasi terpapar penyakit rabies. Dimana dari kasus-kasus tersebut, 1 di antaranya dinyatakan positif rabies dan telah dilakukan penanganan oleh petugas kesehatan.

Diketahui, mulai 22 Juni 2023, Disbunnak Tabalong melalui UPTD Puskeswan menyediakan 1.000 dosis vaksin rabies gratis untuk hewan peliharaan.

Layanan vaksinasi gratis ini dapat dilakukan di UPTD Puskeswan yang ada di kantor Disbunnak Tabalong selama hari kerja.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment