Home Tabalong Hari IniHarga Bapok Sidak Pasar Tanjung, TPID Dapati Harga Bawang Putih dan Ayam Ras Naik

Sidak Pasar Tanjung, TPID Dapati Harga Bawang Putih dan Ayam Ras Naik

by Muhammad Rais
0 comment

Tim Pengendali Inflasi Daerah melakukan sidak ke pasar Tanjung pada Rabu pagi, 11 Juli 2023. Dari hasil sidak tersebut, TPID menemukan adanya kenaikan pada bahan kebutuhan pokok, terutama bawang putih dan daging ayam ras.

Sidak dipimpin Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong, Norzain A Yani, didampingi sejumlah pejabat terkait.

Dari sidak yang dilakukan di Pasar Tanjung, TPID Tabalong menemukan adanya kenaikan harga pada komoditi bawang putih dan ayam ras.

Harga bawang putih yang semula berkisar 37 sampai 38 ribu rupiah per kilogram, kini naik menjadi 45 hingga 47 ribu rupiah per kilogram. Sedangkan daging ayam ras yang sebelumnya 27 ribu rupiah per kilogram, naik menjadi 30 ribu rupiah per kilogram.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong, Norzain A Yani, menjelaskan kenaikan harga kedua komoditi ini bersifat nasional. Untuk bawang putih saat ini masih terkendala dengan impor, sedangkan ayam ras masih terkendala harga pakan yang tinggi.

“Berdasarkan hasil pantauan kami, memang ada beberapa komoditas yang mengalami sedikit kenaikan, dan ini memang sifatnya secara nasional seperti itu, seperti misalnya bawang putih, kemudian juga daging ayam ras. Jadi, secara nasional ini terjadi kenaikan karena memang ada beberapa faktor, seperti misalnya bawang putih ini kita tergantung pada impor, sedangkan pada saat ini kondisinya adalah impor kita sedang berjalan kurang lancar, jadi memang kesulitan mendatangkan impor dari luar. Kemudian, daging ayam ras memang harga pakan yang saat ini sangat tinggi, khususnya kaitan dengan harga jagung,” ujar Norzain A Yani, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong.

Baca Juga  Komisi 1 DPRD & Pemkab Cari Solusi Terbaik Soal Relokasi Puskesmas Jaro

Norzain menambahkan bahwa untuk mensiasati kenaikan tersebut, Pemkab Tabalong akan berupaya memfasilitasi pedagang untuk mengakses bawang putih impor dan berupaya mendorong peningkatan produksi pakan ternak, khususnya jagung, di Kabupaten Tabalong.

Diketahui, sidak yang dilakukan oleh TPID Tabalong ini merupakan agenda rutin setiap bulan untuk memantau harga kebutuhan pokok di pasar.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment