Home Tabalong Hari IniKesehatan Prevalensi Turun Drastis, Wabup Mawardi: Hasil Kerja Bersama

Prevalensi Turun Drastis, Wabup Mawardi: Hasil Kerja Bersama

by tabalong hari ini
0 comment

Sebagai aksi percepatan penurunan stunting di Kabupaten Tabalong, Pemerintah Kabupaten Tabalong melaksanakan Rembuk Stunting. Rembuk Stunting ini dibuka oleh Wakil Bupati Tabalong, Mawardi.

Pemerintah Kabupaten Tabalong, melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, melaksanakan Rembuk Stunting pada Selasa, 27 Juni 2023, di Gedung Informasi Tanjung.

Rembuk Stunting ini diikuti sejumlah organisasi perangkat daerah dan stakeholder terkait.

Pelaksanaan Rembuk Stunting merupakan salah satu dari 8 konvergensi stunting untuk menurunkan prevalensi stunting di Kabupaten Tabalong.

Wakil Bupati Tabalong Mawardi, dalam sambutannya menuturkan bahwa saat ini prevalensi stunting di Kabupaten Tabalong mengalami penurunan drastis dari tahun-tahun sebelumnya.

Berdasarkan Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat atau E-PPGBM, pada tahun 2019 prevalensi stunting cukup tinggi, yaitu sebesar 17,65 persen. Pada tahun 2020 sebesar 11,51 persen, dan tahun 2021 sebesar 8,88 persen penderita stunting. Hingga akhir tahun 2022, angka tersebut turun menjadi 7,89 persen. Kabupaten Tabalong mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sebagai Terbaik 2 pada penilaian kinerja 8 aksi konvergensi penurunan stunting tahun 2022.

Wakil Bupati Mawardi mengatakan bahwa keberhasilan menekan angka stunting di Kabupaten Tabalong berkat dukungan dari semua pihak, termasuk melalui inovasi yang dilaksanakan Kabupaten Tabalong, yaitu Gempur Stunting atau Gerakan Masyarakat dalam upaya percepatan penurunan dan pencegahan stunting menuju Tabalong Terdepan.

Baca Juga  Bahas Soal Infrastruktur, Komisi 3 DPRD Tabalong Panggil Dinas PUPR

“Keberhasilan menekan angka stunting saya akui tak lepas dari dukungan dan kebersamaan semua pihak, termasuk keseriusan kita melalui gerakan masyarakat dalam upaya percepatan penurunan dan pencegahan stunting atau Gempur Stunting,” ujar Mawardi, Wakil Bupati Tabalong.

Sebagai bentuk keseriusan dan komitmen bersama, para stakeholder melakukan penandatanganan komitmen dalam mendukung penuh penurunan dan pencegahan stunting di Kabupaten Tabalong melalui Gempur Stunting Kabupaten Tabalong.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment